13 Manfaat Kopi Bagi Tubuh

Kondisi Iklim

Manfaat Kopi Bagi Tubuh

 

Cairan hitam pekat dengan aroma khas ini kini tengah menjadi primadona. Tua hingga muda mengonsumsi kopi setiap hari.

 

Selama ini, banyak mitos miring tentang kopi. Minuman ini selalu dianggap sebagai penyebab dari beberapa penyakit. Namun, kopi ternyata memiliki manfaat bagi tubuh kita. Berikut manfaat kopi bagi tubuh.

 

1. Kopi meningkatkan energi dan kinerja otak

 

Kopi diketahui dapat membuat manusia tidak mudah lelah dan meningkatkan energi.

 

Setelah Anda meminum kopi, kafein akan diserap melalui peredaran darah dan mengalir ke otak. Di otak, kafein akan menghambat neurotransmitter inhibitor yang disebut adenosin. Ketika itu terjadi, jumlah neurotransmitter lain seperti norepinephrine dan dopamine meningkat, menyebabkan peningkatan pelepasan neuron.

 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Ini termasuk memori, mood, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi, dan fungsi kognitif umum.

 

2. Kafein meningkatkan performa fisik

 

Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 3-11 persen.

 

Pada penelitian, terungkap bahwa kafein secara spesifik meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada individu dengan obesitas, dan 29 persen pada orang kurus.

 

3. Kopi dapat membakar lemak

 

Kafein menstimulasi sistem saraf, menyebabkannya mengirim sinyal ke sel lemak untuk memecah lemak tubuh.

 

Kafein membuat sel-sel lemak memecah lemak tubuh, melepaskannya ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan mengubahnya menjadi tenaga.

 

Kafein mampu meningkatkan performa fisik dari rata-rata 11-12 persen. Itulah sebabnya banyak yang menyarankan untuk meminum kopi setengah jam sebelum berolahraga.

 

4. Ada nutrisi esensial dalam kopi

 

Kopi lebih dari sekadar air berwarna hitam. Banyak nutrisi dalam biji kopi di setiap satu cangkir yang disajikan:

 

Riboflavin (Vitamin B2): 11 % dari RDA (Recommended Dietery Allowance) –  jumlah asupan yang disarankan.

Pantothenic Acid (Vitamin B5): 6 % dari RDA.

Manganese dan Potassium: 3 % dari RDA.

Magnesium dan Niacin (B3): 2 % dari RDA.

 

5. Kopi menurunkan risiko terkena diabetes Tipe II

 

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi memiliki 23-50 persen lebih rendah risiko terkena penyakit diabetes tipe II.

 

Dari 18 penelitian yang melibatkan total 457.922 individu, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan 7 persen penurunan risiko pengembangan diabetes tipe II.

 

6. Kopi bisa melindungi dari alzheimer dan demensia

 

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit Alzheimer dan demensia, yaitu dengan makan sehat dan berolahraga. Sementara itu, minum kopi juga bisa sangat efektif.

 

7. Kafein bisa menurunkan risiko Parkinson

 

Menurut penelitian, peminum kopi memiliki risiko lebih rendah menderita parkinson dengan penurunan risiko 32-60 persen.

 

Pada kasus ini, tampaknya kafein itu sendiri yang menyebabkan efeknya. Orang yang minum kopi tanpa kafein tidak memiliki risiko parkinson yang lebih rendah.

 

8. Kopi dapat melindungi hati

 

Beberapa penyakit yang dapat menyerang hati seperti hepatitis dan hati berlemak, dapat menyebabkan kondisi yang disebut sirosis, yakni ketika sebagian besar hati telah digantikan oleh jaringan parut.

 

Ternyata, kopi bisa melindungi tubuh dari sirosis. Orang yang minum empat cangkir atau lebih dalam hari memiliki risiko 80 persen lebih rendah.

 

9. Kopi bisa melawan depresi dan membuat lebih bahagia

 

Dalam sebuah penelitian di Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, wanita yang empat cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi.

 

Studi lain dengan 208.424 individu menunjukkan bahwa mereka yang empat cangkir atau lebih per hari memiliki kemungkinan 53 persen lebih kecil untuk melakukan bunuh diri.

 

10. Peminum kopi berisiko rendah terhadap beberapa jenis kanker

 

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi berisiko 40 persen lebih rendah terkena kanker hati. Satu studi dari 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko kanker kolorektal 15 persen lebih rendah.

 

11. Kopi tidak menyebabkan penyakit jantung

 

Faktanya, ada beberapa bukti bahwa wanita yang minum kopi memiliki risiko penyakit jantung yang berkurang. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke sebesar 20 persen lebih rendah.

 

12. Kopi dapat membantu Anda hidup lebih lama

 

Dalam dua penelitian yang sangat besar, minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian 20% lebih rendah pada pria dan 26 persen lebih rendah pada wanita, selama periode 18-24 tahun.

 

Efek ini tampaknya sangat kuat pada penderita diabetes tipe II. Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes yang meminum kopi memiliki risiko kematian 30 persen lebih rendah selama masa studi 20 tahun.

 

13. Kopi adalah sumber antioksidan terbesar dalam diet barat

 

Bagi orang yang makan makanan standar Barat, kopi sebenarnya bisa menjadi aspek makanan sehat. Itu karena kopi mengandung sejumlah besar antioksidan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada buah dan sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up