fbpx
2 Cara Membersihkan Cache di Laptop
Teknologi

2 Cara Membersihkan Cache di Laptop

Salah satu kendala bagi para pemilik laptop atau komputer adalah keberadaan cache. Bagi Anda yang belum tahu cache merupakan istilah Bahasa Inggris dari memori singgahan yang berada di komponen perangkat keras atau perangkat lunak yang menyimpan data sehingga permintaan di masa mendatang untuk data tersebut dapat dilayani lebih cepat; data yang disimpan mungkin merupakan hasil dari penghitungan sebelumnya atau salinan data yang disimpan di tempat lain.

Keberaan cache juga menguntungkan, karena Anda tidak perlu mengunduh data-data bawaan dari sebuah aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi di dalam laptop kamu yang paling sering menghasilkan cache adalah browser. Jenis cache lainnya yang biasa menumpuk di memori laptop adalah DNS cachesystem restore cachethumbnail cache, dan banyak lagi.

Keberadaan cache cukup marak pada perangkat laptop atau kompter dengan kapasitas OS Windows 10, dan pastinya sudah sering mengalami pembaruan atau update system dalam beberapa waktu sekali. Hal itu semakin sering di setiap update yang dilakukan oleh sistem dari Windows 10 juga sering meninggalkan cache di dalam laptop kamu.

Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Efektif

Di balik adanya cache yang sering masuk dalam laptop dan sering menjadi momok bagi penggunanya. Ada dua cara menghapus cache di laptop yang dikutip dari situs Gig.id. Dua cara tersebut dapat dipraktikkan pada laptop dengan Windows OS dan Mac OS.

1. Membersihkan Cache di Laptop Windows OS

Ada beberapa cara dalam membersihkan file cache di laptop Windows OS. Beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk dapat menghapus cache, antara lain:

A. Cara Pertama

Silakan tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian kamu akan diarahkan pada jendela Run. Masukkan “temp” pada comment box lalu tekan “Enter”. Selanjutnya, kamu akan melihat banyak folder dan juga file yang merupakan cache. Tekan CTRL + A untuk memilih seluruh file dan folder cache kemudian hapus atau delete untuk membersihkan cache laptop.

B. Cara Kedua

Adapun cara kedua serupa dengan cara pertama. Akan tetapi, yang membedakan adalah isian pada comment box. Dalam langkah kedua, kamu hanya perlu mengisi comment box dengan “temp” lalu ikuti seluruh langkah yang sama dengan langkah pertama untuk menghapus cache laptop.

C. Cara Ketiga

Apabila sudah bisa menguasai cara membersihkan cache di laptop dengan dua metode di atas, maka ada cara bonus yang cukup mudah. Anda bisa memulai dengan mencari folder  “Recycle Bin” pada laptop kamu, kemudian klik kanan dan kosongkan recycle bin untuk melakukan disk cleanup.

2. Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Perangkat Mac OS

Bagi Anda para pemilik laptop dengan perangkat Mac OS, ada cara mudah untuk menghapus cache. Caranya hanya dengan satu saja yaitu dengan melalui “Mac Finder”. Setelah kamu masuk ke dalam Mac Finder, pilih menu “Go” pada bagian menu bar. Selanjutnya, kamu akan melihat menu “drop down” dan cari pilihan “Go to Folder”.

Pada comment box, masukkan “~/Library” kemudian tekan “Go”. Kamu akan melihat beberapa folder dan carilah folder cache. Pilih seluruh folder dan file yang ada di dalam folder tersebut kemudian pindahkan ke “Trash” setelah itu kosongkan atau pilih “Empty Trash”.

3. Manfaat Keberadaan File Cache di Laptop

Setelah Anda mempelajari cara menghapus cache di laptop, Anda juga harus memahami mengenai keberadaan file cache tersebut. Salah satu manfaatnya adalah dapat membantu mmembuat aplikasi yang ada di laptop kamu berjalan lebih cepat dan efisien. Hal ini bisa terjadi karena perangkat kita menyimpan data sebuah aplikasi secara lokal. Kita bisa menemukan contohnya pada sebuah browser yang menyimpan data cache dari folder lokal yang membuat kita bisa memuat sebuah website dengan lebih cepat.

Di sisi lain, cache tidak hanya digunakan oleh situs web dan browser semata. Hal itu juga bisa ditemukan pada sebuah aplikasi di smartphone kamu yang mengandalkan data web dan cloud. Walaupun data cache disimpan pada folder lokal smartphone kamu, tentunya kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang penyimpanan. Karena biasanya file cache akan otomatis terhapus setelah beberapa minggu.

4. Kelemahan Keberadaan File Cache di Laptop

Meski kehadiran file cache memiliki peran penting dalam meningkatkan proses kinerja penelusuran web, ternyata cache juga memiliki beberapa kelemahan yang harus kamu perhatikan. Salah satu bahaya yang megintai dengan adanya file cache di laptop kamu, perangkat yang kamu miliki menjadi sangat rentan dari serangan para hackers. 

Fungsi lain dari cache adalah kemudahan dalam mengakses laptop yang digunakan bersama untuk menggunakan history web browser kamu dari cache browser. Ini menjadi kelemahan yang wajib banget kamu perhatikan untuk selalu membersihkan cache di perangkat yang Anda miliki.

Demikianlah dua cara membersihkan cache di laptop dengan mudah dan praktis. Selain itu cache juga menjadi penting dalam menjalankan perangkat sehingga dengan mengetahui kegunaan dan kerugiannya dapat membantu proses bekerja agar lebih mudah dan efektif.

sumber: katadata.co.id

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *