3 Metode Cara Membuat Minyak Kemiri

Cara Mebuat Minyak Kemiri
Bacaterus.com

Untuk mendapatkan minyak dari buah kemiri ada tiga cara yang dapat digunakan dengan mudah dan dapat dilakukan sendiri. Jadi Anda bisa membuat minyak kemiri sendiri dan tidak perlu memberlinya ke toko. Anda bisa membeli biji kemiri dengan lebih murah dibandingkan dengan membeli minyak yang sudah jadi.

Minyak kemiri memiliki manfaat bagi manusia yang sudah dikenal banyak seperti merangsang pertumbuhan rambut, menjaga kesehatan rambut dan bisa juga menumbuhkan jambang dan jenggot. Minyak kemiri di dapat dari buah kemiri yang diolah untuk mendapatkan minyaknya. Kandungan zat yang ada di dalam minyak kemiri yang memiliki khasiat untuk kesehatan rambut.

Berikut adalah cara membuat minyak kemiri, yakni:

  • Pertama membuat Minyak Kemiri Dengan Metode Sangrai,
  • Kedua membuat Minyak Kemiri Dengan Metode Bakar,
  • Ketiga membuat Minyak Kemiri Dengan Metode Perasan.

 

Cara Membuat Minyak Kemiri Metode Sangrai

Untuk membuat minyak kemiri dengan metode sangrai sangat  mudah untuk dilakukan dan peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana sekali. Cara membuat minyak kemiri ini adalah dengan cara menyangrai biji kemiri di atas wajan yang dipanaskan dengan kompor. Penyangraian biji kemiri dilakukan hingga matang, biji kemiri yang telah matang ditandai dengan timbulnya bau wangi dari biji kemiri.

Setelah kemiri sudah matang, diangkat dari wajan dan didinginka. Sesudah dingin biji tersebut dihalus kan dengan cara diblender kemudian hasil blendernya ditambahakan dengan air secukupnya. Campuran ini kemudian disaring dengan kain saring hingga minyaknya keluar. Hasilnya minyak kemiri yang sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk meminyaki rambut.

Peralatan Dan Bahan

  • Biji Kemiri secukupnya
  • Air
  • Wajan dan kompor
  • Blender

 

Cara Membuat Minyak Kemiri Metode Bakar

Metode bakar adalah carea membuat minyak kemiri yang paling mudah untuk dilakukan. Minyak yang dihasilkan dengan cara bakar juga memiliki khasiat yang lebih bagus dan lebih tahan lama untuk disimpan. Untuk mendapatkan minyak kemiri dengan metode bakar adalah dengan cara membakar biji kemiri di dalam nyala api hingga biji kemirinya berwarna hitam. Kekurangan cara ini adalah minyak ini akan mengeluarkan bau gosong. Setelah biji kemiri gosong, minyaknya bisa diperas dengan blender tanpa campuran air.

Minyak yang dihasilkan akan berwarna hitam, namun khasiatnya untuk menumbuhkan rambut lebih baik juga untuk memberi bahan nutrisi bagi akar dan batang rambut.

Alat Dan Bahan

  • Biji Kemiri secukupnya
  • Blender
  • Alat untuk membakar

 

Cara Membuat Minyak Kemiri Metode Perasan

Membuat minyak kemiri dengan metode perasan dilakukan untuk mendapatkan minyak yang lebih bening dibandingkan dengan dua cara di atas tadi. Dengan metode perasan maka minyak yang akan didapatkan akan memiliki warna yang lebih bening dan bersih sehingga saat dipergunakan tidak mengotori permukaan kulit.

Untuk melakukannya juga tidak terlalu sulit dan peralatan yang digunakan juga sederhana. Biji kemiri yang telah disiapkan dihaluskan dengan cara memarut atau dengan cara diblender dengan ditambahkan air secukupnya. Campuran yang dihasilkan disaring dengan menggunakan kain saring dan disaring berulang-ulang hingga air saringannya yang keliar menjadi bening. Cara melakukannya seperti membuat santan dari parutan kelapa.

Hasil penyaringan berupa “santan kemiri” tersebut dimasukkan dalam wadah yang tidak tembus cahaya dan kemudian dituttup dengan rapat dan disimpan sekitar 24 jam. Setelah disimpan campuran tersebut kemudian dipanaskan hingga terlihat minyaknya keluar. Kemudian minyak dan airnya dipisahkan. Minyak yang sudah dipisahkan siap untuk dipergunakan. Minyak yang didapatkan akan berwarna lebih bening dan bersih dibandingkan dengan metode baar dan metode sangrai dan memiliki wangi seperti kemiri goreng.

Kelemahan metoda ini dibandingkan dengan dua metode sebelumnya adalah dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat minyak kemiri dan minyak yang diperoleh juga lebih sedikit jumlahnya. Seringkali untuk menambah volumenya minyak kemiri ini dicampur dengan minyak lain agar lebih banyak, biasanya yang dipakai sebagai bahan campuran adalah minyak  zaitun atau minyak lainnya. Khasiat minyak kemiri dengan metode ini juga tidak sebaik metode bakar dan metode sangrai.

Alat Dan Bahan

  • Biji kemiri secukupnya
  • Air
  • Blender atau parutan
  • Kain saring
  • Wadah
  • Wajan dan kompor

 

 

Itulah ketiga cara membuat minyak kemiri yang dapat dilakukan dengan mudah dan dapat dilakukan sendiri dengan peralatan sederhana yang tersedia di rumah. Mau mencobanya?

7 Replies to “3 Metode Cara Membuat Minyak Kemiri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *