Read Time:2 Minute, 19 Second

Jahe, lengkuas, kunyit, dan kencur kita ketahui punya rupa yang mirip, serupa tapi tak sama. Gak heran, sangat sulit membedakan keempatnya apalagi kalau kita sangat jarang memasak. Setiap rempah tersebut punya kegunaan yang berbeda-beda untuk masakan, jadi kalau salah memasukkannya ke dalam masakanmu bisa-bisa rasanya aneh!

Untuk itu, biar gak salah-salah lagi, ini 5 cara gampang buat membedakan rempah bumbu dapur yang mirip-mirip seperti jahe, lengkuas, kunyit, dan kencur. Simak baik-baik, ya!

1. Lihat dari ukuran dan kulit rempahnya

4 Cara Gampang Bedakan Rempah Dapur Jahe, Lengkuas, Kunyit, dan Kencur

doterra.com

Keempat bumbu dapur ini ukurannya beda-beda, jadi cara pertama buat mengetahui mana jahe atau lainnya bisa kamu lihat dari besar buahnya. Dibandingkan kencur, kunyit, dan lengkuas, jahe punya ukuran paling besar. Mungkin besarnya agak mirip-mirip dengan lengkuas, namun kulit keduanya berbeda, lho! Jahe, khususnya jahe putih punya kulit yang lebih halus dengan warna pucat, sedangkan lengkuas warna kulitnya gelap dan ada tekstur garis-garisnya.

2. Ketahui aroma masing-masing rempah

4 Cara Gampang Bedakan Rempah Dapur Jahe, Lengkuas, Kunyit, dan Kencur

abril.com.br

Kalau masih kesulitan membedakan dari rupanya, coba dicium wangi setiap rempah tersebut. Keempatnya punya aroma yang khas dan kalau kamu sudah hafal, gak akan bingung lagi membedakannya.

Kunyit punya wangi yang punya kesan asam, sedangkan kencur wanginya juga ada kesan asam namun lebih pekat dan segar. Beda pula dengan jahe yang wanginya ada kesan pedas.

3. Warna daging buahnya pun beda-beda, coba dipotong sedikit untuk tahu dalamnya

4 Cara Gampang Bedakan Rempah Dapur Jahe, Lengkuas, Kunyit, dan Kencur

freepik.com

Ya, ini adalah cara yang agak merepotkan, tapi cara ini bisa bikin kamu langsung tahu bedanya. Dengan sedikit memotongnya, pasti akan kelihatan kan warna dari daging buah rempahnya? Jahe putih biasanya daging buahnya berwarna kuning pucat, kalau kunyit warnanya agak oranye, kencur juga berwarna kuning pucat tapi lebih tua daripada jahe, dan lengkuas atau laos ada kesan warna merah pada dagingnya.

4. Beda pula tekstur dagingnya

4 Cara Gampang Bedakan Rempah Dapur Jahe, Lengkuas, Kunyit, dan Kencur

elintranews.com

Keempatnya punya tekstur yang berbeda-beda. Lengkuas adalah rempah dengan tekstur daging yang paling keras sehingga cukup sulit memotongnya. Kemudian jahe juga berdaging keras dan banyak seratnya. Sementara itu kunyit dan kencur agak lebih lunak dan mudah diparut.

5. Jangan sampai salah menggunakanya, ya!

4 Cara Gampang Bedakan Rempah Dapur Jahe, Lengkuas, Kunyit, dan Kencur

Unsplash/Jason Leung

Nah, dengan karakteristiknya masing-masing, tentu keempat bumbu dapur ini punya fungsi berbeda di setiap masakan. Itulah pentingnya kamu untuk mengetahui mana jahe, lengkuas, kunyit, maupun kencur. Biasanya jahe digunakan untuk menambah kesan pedas dan hangat pada masakan, seringnya dibuat minuman hangat seperti ronde.

Kalau lengkuas atau laos biasa ditambahkan dalam sayur bening untuk menambah aroma dan rasa manis. Nah, kalau kencur itu fungsinya untuk penguat rasa pada makanan, biasanya yang berasa pedas seperti seblak. Sedangkan kunyit, karena punya warna yang sangat mencolok biasanya digunakan juga sebagai pewarna makanan.

Nah, itulah cara membedakan jahe, kunyit, lengkuas, dan kencur yang paling gampang. Semakin kamu sering memasak, kamu akan semakin hafal perbedaan keempatnya. Selamat memasak, ya!

sumber: detik.com

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Top Navigation
Social profiles

has been added to your cart

View Cart
X
%d bloggers like this: