5 Manfaat Kopi Untuk Atlet

ferryssn
Sebagai atlet, strategi energi Anda mungkin melibatkan empat jenis minuman, yakni air, susu, minuman protein, serta minuman energi. Tetapi studi menunjukkan, secangkir kopi di pagi hari bisa bermanfaat untuk stamina. 
Kopi bukan hanya bermanfaat untuk para atlet tapi juga mereka yang termasuk “gila olahraga”.
1. Mengurangi rasa sakit
Berlatih olahraga dengan keras hingga membuat otot sakit mungkin sudah jadi bagian sehari-hari para atlet. Kopi ternyata bisa menurunkan rasa sakit tersebut. Penelitian tahun 2009 menyebutkan, kafein yang dikonsumsi dalam jumlah moderat sebelum berolahraga bisa mencegah rasa sakit pada otot.
2. Mengurangi pegal setelah olahraga
Setelah berolahraga, terkadang bukan hanya rasa bugar yang kita rasakan tapi juga sakit pada otot-otot. Kopi diketahui bisa menurunkan rasa sakit hingga 48 persen. 
3. Mengembalikan energi
Minuman protein (protein shake) menjadi minuman para atlet setelah berlatih. Studi tahun 2008 menyebutkan, para atlet yang minum kopi setelah berolahraga memiliki glikogen otot 66 persen lebih tinggi dibanding yang hanya mengonsumsi plasebo. Glikogen otot ini bisa membantu kita lebih berenergi untuk latihan selanjutnya.
4. Menunda rasa lelah
Menyesap nikmatnya kopi ternyata bisa membantu menunda timbulnya rasa lelah. Mereka yang tidak mengonsumsi kopi diketahui lebih cepat lelah setelah berlatih sehingga secara psikologis lebih siap untuk berlatih lagi.
5. Menurunkan berat badan
Selain mengonsumsi makanan rendah kalori dan berolahraga, percepat usaha penurunan berat badan Anda dengan kopi. 
Penulis: Lusia Kus Anna
Sumber Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *