fbpx
Uncategorized

8 Makanan Ini Bikin Badan Wangi Sepanjang Waktu!

Semua orang pasti ingin tampil maksimal di depan orang lain, apalagi kalau ketemu dengan kekasih. Tapi bagaimana jika badan sering mengeluarkan bau tidak sedap dan mengurangi rasa percaya diri? Jangan khawatir, kali ini kami akan berbagi info tentang 8 makanan yang membuat badan Anda wangi sepanjang waktu tanpa harus menghabiskan banyak uang untuk parfum! Ada makanan apa saja? Langsung cek daftar pertama di bawah ini.

1. Air Lemon

Banyak yang mengatakan bahwa lemon adalah deodoran alami untuk menghilangkan bau badan, termasuk di area ketiak. Hal itu dikarenakan sifat asam lemon mampu menurunkan kadar potential hydrogen (pH) dalam tubuh sehingga membuat bakteri penyebab bau badan mati. Selain itu, lemon juga mengandung antibakteri yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau badan tidak sedap.

Lalu bagaimana cara mengolah lemon? Sangat mudah! Agar tidak mengurangi kesegarannya, peras 1-3 buah lemon dalam wadah. Untuk jumlahnya sesuai selera ya. Lalu tambahkan air mineral dan es batu secukupnya. Konsumsilah selagi segar!

2. Teh Melati

Selain aromanya yang wangi, sepertinya bukan rahasia lagi kalau teh melati cocok untuk menghilangkan bau badan tidak sedap. Hal itu disebabkan teh melati mengandung senyawa nabati polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel dari radikal bebas yang memicu bau badan tidak sedap. 

Selain itu, melati yang menggunakan teh hijau juga akan mengandung katekin epigallocatechin gallate (EGCG). Kandungan EGCG ini mendatangkan manfaat kesehatan lainnya seperti mengontrol gula darah, menyehatkan jantung, memiliki efek anti-inflamasi, serta dapat mengatasi kerusakan gigi serta bau mulut.

3. Yogurt

Di daftar ketiga kita memiliki yogurt, yang mengandung zat probiotik untuk menekan bakteri jahat dan menetralkan senyawa belerang yang menimbulkan bau badan tidak sedap. Anda bisa mendapatkan yogurt di supermarket terdekat, atau juga bisa membuat sendiri di rumah alias homemade dengan cara yang tidak begitu susah. Bagaimana caranya?

Campurkan susu UHT dengan bakteri starter dan taruhlah pada wadah yang bersih dan lebar. Untuk starter atau bibit, Anda bisa menggunakan bakteri baik seperti lactobacillus bulgaricus, thermophilus, atau langsung beli starter yogurt kemasan rasa plain di supermarket terdekat. Setelah dicampurkan, diamkan selama 8-10 jam, setelah itu masukkan ke dalam lemari pendingin dan yogurt siap dikonsumsi. Yogurt homemade ini dapat bertahan antara 1 hingga 2 minggu.

4. Kayu Manis

Kayu manis menjadi rempah-rempah yang sangat umum dijumpai di dapur keluarga Indonesia. Karena selain menambah rasa pada masakan, kayu manis juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Kayu manis mengandung senyawa antioksidan cukup tinggi dan ampuh mempertahankan sistem imun dalam tubuh yang berfungsi untuk mengusir radikal bebas yang dapat menimbulkan bau badan tidak sedap.

Selain itu, kayu manis juga mampu menangkal bakteri dan jamur yang menyerang tubuh, termasuk bakteri biang bau badan tidak sedap dan bau mulut. Anda dapat mengolah kayu manis menjadi minuman hangat atau dicampur dengan minuman lain seperti wedang jahe, kopi, dan teh. 

5. Jeruk

Selanjutnya ada buah jeruk yang sering dijumpai di pasar modern atau tradisional. Serupa dengan lemon, jeruk memiliki sifat asam yang dapat menyeimbangkan pH dalam tubuh. Selain itu, jeruk juga ampuh membunuh bakteri dalam tubuh, termasuk bakteri staphylococcus hominis yang mengakibatkan bau keringat tidak sedap pada tubuh manusia.

Anda dapat mengonsumsi jeruk seperti biasa, dengan cara mengupas kulit luar dan memakan dagingnya saja. Selain itu, Anda bisa mengolah jeruk menjadi jus, puding, pie, creme brulee, atau sate karamel. Selamat berkreasi ya!

6. Rosemary

Di daftar keenam ada tumbuhan hijau yang mungkin kurang umum di pasar tradisional, yaitu rosemary. Tanaman satu ini biasanya digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan Italia dan Turki. Uniknya, tumbuhan satu ini mampu mengatasi pertumbuhan bakteri penyebab bau badan tidak sedap karena mengandung mentol dan klorofil.

Cara mengolah rosemary dalam masakan cukup beragam. Salah satunya, Anda dapat membuat teh rosemary dengan bahan sederhana. Bagaimana caranya? Panaskan air mineral dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, matikan api kompor dan masukkan 1-2 tangkai rosemary dalam panci lalu diamkan selama 3-5 menit. Sebagai tambahan rasa, Anda bisa menambahkan 1-2 iris lemon setelah air rosemary dituang dalam gelas. Jika Anda suka minuman dingin, tambahkan es batu setelah teh sudah tidak begitu panas.

7. Mint

Mirip seperti rosemary, daun mint mengandung menthol dan klorofil yang mampu mengatasi pertumbuhan bakteri penyebab bau badan tidak sedap. Anda dapat menggunakan beberapa jenis mint seperti peppermint, chocolate mint, field mint, apple mint, dan spearmint. Tapi yang cocok dibudidayakan di Indonesia biasanya jenis spearmint

Cara mengolah mint cukup beragam, bisa sebagai bumbu tambahan pada ayam tumis, sayur bening, omelette, atau puding. Selain itu, Anda juga bisa mengubahnya menjadi minuman detoks dengan campuran jahe, lemon, dan madu. Selamat bereksperimen ya!

8. Kemangi

Di daftar terakhir ada daun kemangi yang sering menjadi lalapan di menu pecel lele, bebek, atau ayam. Kemangi mengandung senyawa antibakteri dan antiseptik yang dapat meredakan bau badan tidak sedap. Selain itu, kemangi juga ampuh mencegah risiko penyakit kanker, diabetes, stroke, dan lain-lain.

Anda dapat mengonsumsi kemangi sebagai pelengkap pecel lele atau pecel ayam. Tapi kalau ingin mencoba kreasi lain, Anda juga dapat menggunakannya dalam masakan lain seperti pepes ikan, ayam woku, tumis tempe, nasi goreng, atau mengolahnya menjadi minuman herbal dengan tambahan jeruk nipis dan madu. 

Nah, itulah 8 bahan makanan yang dapat membuat badan wangi sepanjang waktu. Selain itu, makanan di atas juga menyehatkan dan mudah ditemukan di pasar modern dan tradisional. Selamat mencoba ya!

sumber: herbeauty.co

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *