Read Time:2 Minute, 30 Second

Kopi (murni yang digiling dari bijinya, bukan instan dalam kemasan), menurut sebagian orang, adalah salah satu minuman terbaik dibandingkan teh.

Minuman itu diklaim memiliki beragam khasiat kesehatan bagi sejumlah orang.

Hanya saja, khasiat itu bisa didapat hanya jika Anda meminumnya secara polos; kopi hitam hangat tanpa perpaduan komposisi lain, bahkan gula sekalipun.

Para ahli menyarankan agar orang dewasa minum setidaknya dua cangkir kopi hitam setiap hari, yaitu sekali di pagi hari setelah sarapan, dan satu cangkir di malam hari.

Berikut adalah 9 manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang diklaim baik bagi kesehatan –serta 7 efek negatifnya– seperti dikutip dari MediumTimes of India, dan AARP Amerika Serikat, Rabu (13/11/2019).

*Disclaimer: redaksi Liputan6.com tetap menganjurkan pembaca, khususnya yang memiliki kondisi medis tertentu, untuk berkonsultasi dengan dokter atau pakar kesehatan mengenai dampak konsumsi kopi bagi tubuh Anda masing-masing. Isi yang disampaikan dalam artikel ini –meski telah mengacu pada sejumlah kajian ilmiah– bukanlah referensi dengan kebenaran mutlak dan universal, sehingga tak luput dari revisi dan inkonsistensi.2 dari 6 halaman


Membantu Daya Ingat, hingga…

Biji Kopi
Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

1. Membantu daya ingat

Kopi hitam bermanfaat bagi pikiran. Ini membantu otak untuk tetap aktif, yang membantu meningkatkan daya memori. Secara bersamaan, ini juga membantu menjaga saraf tetap aktif, dan karenanya mencegah demensia.

2. Diklaim membantu fungsi kognitif otak

Kafein adalah stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan fungsi kognitif seseorang. Dengan demikian, membuat Anda relatif pintar selama periode waktu tertentu.

3. Membantu membersihkan saluran pencernaan

Kopi adalah minuman diuretik yang membuat Anda ingin sering ‘ke belakang’. Karena itu, dengan minum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri dapat dengan mudah ikut terbawa bersama feses yang dibuang.


Berpotensi Mengurangi Berat Badan, dan…

[Bintang] Ilustrasi Kopi
Selain hilangkan kantuk, minum kopi ternyata bisa menurunkan risiko terkena penyakit liver. (stock photo)

4. Membantu mengurangi berat badan

Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah membantu menurunkan berat badan yang cepat. Minuman ini membantu meningkatkan metabolisme hingga 50 persen, yang membuat Anda lebih banyak berolahraga di gym. Kopi hitam juga membantu membakar lemak di perut.

5. Membantu mencegah penyakit jantung

Ketika Anda minum kopi hitam tanpa gula, itu menguntungkan jantung. Kopi mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Dengan demikian mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Menguatkan antioksidan dalam tubuh

Kopi hitam diklaim memiliki efek antioksidan. Secangkir kopi bisa mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium.4 dari 6 halaman


Mengurangi Risiko Diabetes, juga…

Kopi Hitam (pixabay)
Ilustrasi kopi hitam (Foto: Pixabay)

7. Mengurangi risiko diabetes

Minum kopi hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ini adalah minuman yang ampuh untuk mengatur insulin yang kelewat batas pada calon penderita diabetes, apalagi jika penyakit itu menurun dalam keluarga.

8. Membantu mencegah kanker

Ucapkan selamat tinggal pada kanker dengan minum dua cangkir kopi hitam tanpa gula. Minuman ini mengandung sifat anti-kanker yang membantu menurunkan risiko kanker kolorektal, dan karenanya dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 40%.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Top Navigation
Social profiles

has been added to your cart

View Cart
X
%d bloggers like this: