About Green Gorga

Green Gorga diambil dari kata Green dari bahasa Inggris dan Gorga dari bahasa Batak.

GORGA dalam bahasa Batak adalah kesenian ukir ataupun pahat yang biasanya terdapat pada bagian luar (eksterior) rumah adat Batak Toba dan alat kesenian (gendang, serunai, kecapi), dan lain sebagainya. (https://id.wikipedia.org/)

Gorga merupakan ukiran khas Batak yang umumnya digunakan sebagai hiasan dalam bangunan rumah Batak. Selain menjadi hiasan dinding rumah, juga digunakan sebagai hiasan pada alat musik seperti gendang, serunai, kecapi dan lain sebagainya.

Gorga merupakan kombinasi lukisan dan ukiran dengan bentuk artistik yang khas dari kekayaan seni orang Batak dalam memberikan keindahan untuk bangunan rumahnya.

Secara khas gorga terdiri dari hiasan yang terdiri dari tiga warna yang menjadi warna khas dalam budaya Batak, yakni warna merah, hitam dan putih.

Warna Gorga

Menurut beberapa sumber, warna tersebut diambil dari bahan-bahan alami atau natural. Leluhur orang Batak mmbuat warna-warna tersebut dengan cara berikut:

  • warna merah dibuat dari batu alam yang dikenal dengan nama batu hula, sejenis batu alam yang berwarna merah yang didapat dari daerah tertentu. Batu ini ditumbuk menjadi halus hingga butirannya seperti tepung dan dicampur dengan sedikit air, lalu hasil campuran tersebut dioleskan pada ukiran.
  • warna putih diambil dari bahan alam juga berupa tanah yang berwarna putih, tanah yang halus dan lunak dan digiling sampai halus serta dicampur dengan sedikit air.
  • warna hitam diperbuat dari sejenis tumbuh-tumbuhan yang ditumbuk sampai halus serta dicampur dengan abu periuk atau kuali. Abu itu dikikis dari periuk atau belanga dan dimasukkan ke daun-daunan yang ditumbuk, kemudian digongseng hingga menghasilkan campuran berwarna hitam.

Dari hal yang disebut di atas nyata jika untuk memperoleh warna-warna gorga orang Batak mendapatkannya dari bahan alami.

Penamaan Green Gorga memiliki makna kandungan keindahan dari berbagai hal yang berkaitan dengan budaya atau culture, seni atau art, alam atau nature serta ethnic. Green Gorga menjadi wadah informasi yang menarik menurut saya yang didapatkan dari berbagai sumber, khususnya terkait dengan keindahan dan kekayaan alam dan budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *