Culinary

Andaliman Atau Merica Batak Menjadi Bumbu Masakan Khas

posted in: Nature | 0

Andaliman adalah hasil tanaman hutan yang tumbuh di kawasan Danau Toba. Dari tumbuhan andaliman ini diambil buah yang tumbuh ditangkainya yang bentuknya seperti buah lada bulat bulat kecil. Buah kecil-kecil ini oleh masyarakat di sekitar Danau Toba dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, khususnya masakan khas Batak.

Dalam bahasa Latin bumbu ini dikenal sebagai zanthoxilum acanthopodium merupakan sejenis bunga-bungaan yang termasuk dalam family citrus. Dalam wilayah Asia Timur dan Selatan dikenal sebagai szechuan peper dan oleh orang Batak yang tinggal di kawasan Danau Toba menyebutnya sebagai merica Batak.

Bumbu ini memberikan rasa sensasi yang khas pada masakan yang diberi sedikit bumbu andaliman ini. Berbagai masakan khas Batak menggunakan andaliman sebagai bahan khas sehingga masakan tersebut menjadi memiliki rasa yang lain dari yang lain. Masakan khas Batak yang umumnya menggunakan bumbu andaliman antara lain: arsik ikan mas, naniura, natinombur, saksang dan masih banyak jenis masakan lain.

Andaliman sering juga digunakan dalam membuat sambal, dan sambal yang diberi andaliman akan memberikan rasa pedas yang khas dan membuat rasanya menjadi istimewa. Selain memberi trasa yang sangat khas, ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat lain karena kandungan di dalamnya.

Buah tumbuhan andaliman ini ternyata mengandung beberapa zat yang mengandung senyawa alkaloid dan juga mengandung atsiri. Zat-zat tersebut memiliki fungsi menjafi anti oksidan dan anti mikroba. Keduanya memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Selain itu andaliman juga memiliki kandungan vitamin yang cukup bagus antara lain vitamin C dan E.

Tanaman andaliman yang dikonsumsi masyarakat saat ini merupakan hasil pengumpulan dari hutan-hutan di sekitar kawasan Danau Toba. Dengan demikian dibutuhkan perjuangan dan tenaga ekstra untjk mendapatkannya dari hutan. Hal ini yang membuat harganya menjadi cukup mahal, namun peminatnya tetap banyak karena rasanya yang sangat khas.

andaliman
andaliman

Belakangan ini sudah mulai ada orang yang membudidayakan tanaman ini sehingga diharapkan lebih mudah untuk memperolehnya. Namun pengembangan pertaniannya masih sangat terbatas di kalangan tertentu.

Dengan kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia serta rasanya yang memberi sensasi pada makanan dan membuat cita rasa masakan yang menggunakannya menjadi enak dan memiliki ciri khas maka permintaan akan andaliman semakin meningkat.

Ditambah lagi sudah beberapa perusahaan besar hang berminat menggunakan dan memasarkan tumbuhan ini sebagai zat bumbu yang khas dan memberi rasa yang enak membuat keberadaan tumbuhan ini menjafi sangat penting untuk dapat dibudidayakan.

Karena dengan permintaan yang semakin tinggi belakangan ini maka diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil tanaman andaliman sehingga bisa memenuhi kebutuhan yang terus meningkat.

 

Tertarik untuk budidaya andaliman? Perlu dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *