Andaliman

Andaliman Bumbu Khas Batak

posted in: Kuliner, Sumatera Utara | 0

Apakah andaliman itu? Kemungkinan banyak orang tidak mengenal bumbu masakan yang sangat diandalkan masakan khas Batak.Beragam masakan khas Batak bisa kita jumpai mulai dari Arsik Ikan Mas, Naniura, Saksang, Nanitombur tidak lepas dari andaliman.

Andaliman

Bentuknya bulat kecil-kecil sebesar buah lada dalam satu tangkai berkelompok banyak. Dalam bahasa latin tumbuhan ini dikenal sebagai  zanthoxylum acanthopodium, bumbu tersebut adalah termasuk sejenis bunga-bungaan dalam falily citrus. Umumnya yang dipergunakan adalah bagian kulitnya. Secara umum masyarakat di Asia Tmur dan Selatan dan sering disebut dengan szechuan pepper. Di daerah Toba bumbu ini sering juga disebut dengan Merica Batak.

Bumbu yang mempunyai nama latin zanthoxylum acanthopodium adalah jenis bunga-bungaan di dalam keluarga citrus. Tumbuhan yang digunakan kulitnya ini juga ditemukan di banyak masakan di Asia Timur dan Selatan. Mereka sering menyebut sebagai szechuan peper. Di Sumatera Utara dikenal dengan sebutan “Merica Batak”.

Andaliman telah menjadi ikon masakan khas Batak karena menjadi bumbu pelengkap di banyak jenis masakan khas seperti arsik, naniura, saksang, nanitombur.  Bumbu ini memberikan citra rasa yang khas pada makanan. Rasanya khas memberikan sensasi pada saat menikmati hidangan dengan bumbu andaliman. Buat yang penasaran silahkan mencoba kedahsyatan bumbu khas Batak ini.

 

Manfaat Andaliman Untuk Masakan Dan Kesehatan

 

Sambal Andaliman

Sensasi bumbu ini menjadikan sambal yang ditambahkan dengan tumbuhan ini mempunyai citra rasa khas dan pedasnya yang istimewa, misalnya sambal untuk masakan nanitombur. Bumbu ini sudah sangat dikenal oleh kebanyakan orang Batak karena banyak digunakan pada masakan khas Batak, namun masih banyak orang yang belum mengenal bagaimana bentuk dan rasanya. Buah tanaman yang berbentuk bulat-bulat kecil seperti lada memberikan rasa seperti kelu yang menyengat lidah saat mencicipi masakan dengan bumbu ini. Andaliman merupakan tanaman yang memiliki kandungan vitamin C dan E yang alami dan berfungsi membantu daya tahan tubuh. Biji tumbuhan ini juga memiliki kandungan senyawa minyak alkaloid dan aksiri yang berfungsi sebagai anti microba dan anti oksidan. Dengan demikian bumbu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bagi tubuh manusia.

Andaliman
Pizza Andaliman

 

Penyajian dan Cara Mendapatkan

Bumbu ini bisa Anda temukan dijual di pasar tradisional dalam bentuk masih bulat dan utuh atau sudah diolah menjadi bumbu halus. Ibu-ibu di pasar sering menyebutnya dengan intir-intir. Bumbu ini digunkana pada masakan khas Batak seperti Naniura, arsik dan Mie Gomak. Selain masakan tradisional tersebut, bumbu ini juga mulai dieksplorasi menjadi bumbu dalam masakan lain, di Balige Anda bisa menemukan Pizza Andaliman, dimana pizza yang merupakan makanan khas Italy diberi citra rasa baru dengan memasukkan andaliman sebagai bumbu tambahannya. Ingin merasakan sensasi dan dahsyatnya merica batak ini, Anda harus datang dan berwisata ke Danau Toba dan mengunjungi kota Balige yang sekarang bisa dicapai dengan lebih cepat karena penerbangan ke Bandara Silangit sudah tersedia.

 

Mari mencoba! Horas…..

Save

Save

Save

Leave a Reply