Barista

Apa Itu Barista?

posted in: Kopi | 0

Barista berasal dari kata dalam bahasa Itali yang artinya “orang yang bekerja di belakang meja”. Kata barista menjadi sebutan bagi orang yang bekerja membuat kopi yang biasanya dilakukan di belakang meja. Namun saat ini kata barista dijadikan sebagai sebutan kepada orang yang ahli membuat kopi atau dengan kata lain orang yang mahir meracik kopi dan mengetahui tentang kopi secara mendalam.

Seorang barista diharuskan memiliki kemampuan untuk membuat kopi sekaligus harus mempunyai pengetahuan segala sesuatu yang berhubungan dengan kopi. Pengetahuan yang harus diketahui tentang kopi adalah pengetahuan mengenai jenis kopi, mutu kopi, karakter kopi hingga cara membuat atau menyajikan minuman kopi yang nikmat rasanya.

Barista

Untuk menjadi barista diperlukan latihan yang harus cukup hingga seseorang menguasi ilmu dan pengetahuan yang memadai sehingga dia bisa diakui sebagai seorang barista. Saat ini untuk mendapatkan pengetahuan menjadi seorang dapat dicapai dengan mengikuti pelatihan-pelatihan barista. Di Jakarta sudah cukup tersedia tempat untuk menjadi barista.

Dengan melatih kemampuan seorang barista akan menguasai rahasia meracik kopi yang nikmat rasanya. Karena yang diharapkan dari seorang barista adalah secangkir kopi yang nikmat dan enak rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *