Apa Saja Kegunaan Microsoft Word?
Teknologi

Apa Saja Kegunaan Microsoft Word?

Bagi Anda yang sering bekerja atau membuat tugas dengan komputer atau laptop, pasti sudah tidak asing lagi dengan program aplikasi Microsoft Word.

Salah satu aplikasi buatan Microsoft itu merupakan software pengolah kata yang sangat populer dan banyak digunakan saat ini.

Fungsi dari Microsoft Word sendiri, tidak hanya sebatas untuk mengolah kata saja. Pengguna juga bisa mengandalkan Microsoft Word untuk menghitung bahkan mengoreksi kata-kata yang tidak tepat.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa kegunaan Microsoft Word, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa kegunaan Microsoft Word?

  • Membuat surat

Salah satu kegunaan utama dari Microsoft Word adalah membuat berbagai macam surat, mulai dari surat yang sederhana hingga surat resmi untuk keperluan kantor, sekolah, dan lainnya.

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan Microsoft Word untuk membuat kop surat. Sebelum dicetak, surat tersebut juga dapat diedit dengan menambahkan komponen lainnya seperti gambar atau tanda tangan digital.

  • Membuat dokumen

Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word tentu menjadi pilihan banyak orang apabila ingin membuat dokumen dengan lebih mudah.

Dokumen yang dimaksud bisa berupa laporan kerja, tugas sekolah atau kuliah, novel, formulir, tabel, dan lain sebagainya.

Dengan dibekali sejumlah fitur, Microsoft Word dapat menunjang kebutuhan pengguna untuk melengkapi dokumen mereka seperti memasukkan gambar/foto, mengatur header dan footer, memformat halaman, memberikan nomor halaman, membuat daftar isi, memilih tulisan dengan berbagai macam font, hingga memasukkan alamat website.

  • Mengoreksi kata-kata

Untuk menghindari kesalahan penulisan ataupun ejaan, pengguna Microsoft Word bisa menggunakan fitur koreksi kata yang mendukung berbagai macam bahasa.

Lewat fitur ini, pengguna juga dimungkinkan untuk mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara otomatis serta mencari kata-kata secara cepat.

  • Membuat dan membuka file dari berbagai macam format

Saat awal kemunculannya, Microsoft Word hanya bisa membuat dan membuka ekstensi file dalam format .doc dan .docx.

Seiring berjalannya waktu, kini Microsoft Word dapat digunakan untuk membuat dan membuka file dengan ekstensi yang lebih beragam, mulai dari .dot.html.mhtml.pdf.txt.wps.xml, dan .xps.

  • Kolaborasi dengan program office lain

Salah satu fitur unggulan dari Microsoft Word yaitu dapat terintegrasi dengan layanan Microsoft Office lainnya di dalam satu aplikasi.

Artinya, pengguna bisa mengakses layanan Microsoft Office sembari membuat dokumen di Microsoft Word.

Misalnya, jika pengguna Microsoft Word sedang membuat grafik atau tabel. Lantas, mereka dapat membuat kedua komponen tersebut melalui Microsoft Excel.

Selain dari segi kegunaan, apa saja manfaat dari Microsoft Word itu sendiri?

  • Pertama, dapat memudahkan pekerjaan. Berbagai fitur yang ditawarkan Microsoft Word dapat mendukung penggunanya untuk membuat dokumen secara mudah. Dengan begitu, segala macam pembuatan dokumen pun menjadi lebih praktis serta lebih rapih jika dibandingkan dengan tulisan tangan.
  • Kedua, menghemat waktu. Fitur koreksi kata yang bekerja secara serentak, tentu dapat menghemat waktu apabila proses pembuatan dokumen sedang berjalan. Terlebih, Microsoft Word sendiri juga memiliki fitur Mail Merge yang memungkinkan penggunanya dapat mengirim surat ke sejumlah orang secara bersamaan.
  • Ketiga, menghemat kertas. Dengan Microsoft Word, proses pengoreksian dokumen dapat dilakukan secara digital. Itu artinya, pengguna tidak memerlukan kertas untuk melakukan hal tersebut. Dengan begitu, otomatis pengguna bisa menghemat kertas dan juga biaya untuk mencetak dokumen itu (print).

sumber: kompas.com

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *