Buah-buahan Kaldera Toba atau Caldera Toba Fruits

Buah-buahan Kaldera Toba

Kawasan Kaldera Toba dikenal memiliki pemandangan bentang alam yang indah hingga terkenal hingga ke manca negara. Salah satunya adalah Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia yang bantang alamnya berbentuk kaldera akibat letusan gunung api yang maha  dahsyat puluhan ribu tahun yang lampau. Selain bentang alamnya yang mempunyai panorama yang sangat indah wilayah di kawasan kaldera Danau Toba juga memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Salah satunya adalah jenis buah-buahan yang tumbuh di berbagai daerah. Berbagai buah-buahan yang dihasilkan di kawasan Kaldera Toba ada yang tumbuh secara liar di hutan-hutan dan ada juga yang dibudidayakan oleh manusia di dalam kebun-kebun. 

Berikut adalah berbagai macam buah-buahan yang bisa dijumpai di daerah-daerah sekitar Kaldera Toba. 

Durian 

Durian merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki bentuk yang khas karena bentuk kulitnya yang berduri dengan warna kekuningan jika buahnya sudah matang. Buah ini memiliki daging buah yang rasanya empuk dan manis sekali dengan wangi yang khas. Ukuran buahnya biasanya sebesar kepala terdiri dari rongga buah yang menjadi tempat daging buah dengan biji ditengahnya. Biasanya jumlah rongganya berjumlah ada lima. 

Buah durian bisaa ditemukan di berbagai tempat seperti Simbahe, Tigalingga dan juga Tarutung. 

Buah durian memiliki musimnya yang terjadi sekitar bulan Juni dan bulan Desember. Umumnya pohon durian dihasilkan dari hutan-hutan, sebagian penduduk ada yang menanamnya di lahan-lahan milik mereka. 

Durian fruit hangs from a tree.

 

 

Jeruk

Salah satu buah yang terkenal adalah buah jeruk yang dikenal tumbuh di daerah Berastagi, hingga sering dinamakan dengan jeruk Berastagi. Jeruk ini sudah terkenal di Indonesia karena memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan jeruk dari daerah lain di Indonesia. Di daerah Berastagi banyak terdapat perkebunan jeruk yang dikelola oleh pwndudduk setempat dan menyebabkan berkebun jeruk menjadi mata pencaharian yang umum dilakukan oleh penduduk di sekitar Berastagi. Saat ini kebun-kebun jeruk juga sudah mulai berkembang ke arah lahan di daerah Dairi, terutama setelah seringnya terjadi letusan ginung Sinabung yang menyebabkan kerusakan lahan-lahan pertanian baik kebun-kebun jeruk dan kebun tanaman sayur-sayuram. 

 

 Mangga Toba

 

Buah mangga yang tumbuh di sekitar Danau Toba mempunyai ciri khas buahnya yang lebih kecil-kecil dari mangga dari daerah lain. Selain itu kulitnya juga lumayan tipis. Namun rasanyabterkenal sangat enak dan manis sekali. Jenis mangga ini banyak tumbuh di seputaran Pulau Samosir. Selain itu terdapat juga sebuah pulau lain di Danau Toba yang terkenal dengan hasil buah mangganya yakni Pulau Sibandang yang berada di dekat Muara. 

 

 

Buah Markisa 

Anda tentunya kenal dengan sirup Markisa yang terkenal dari Berastagi dan tahu enaknya rasanya sirup Markisa dari sana? Sirup Markisa memang berasal dari olehan buah markisa yang banyak tumbuh di  daerah Berastaginatau Tanah Karo. Maka sering dikenal orang sebagai Markisa berastagi karena disana banyak menghasilkan buah markisa. 

Masih banyak jenis buah-buahan lainnya yang banyak tumbuh di Kawasan Kaldera Toba yang akan kita eksplorasi lebih lanjut kemudian. Sementara beberapa jenis buah yang dihasilkan dikawasan Kaldera Toba sudah kita sebut di atas. Masih banyak jenis buah-buah lain yang akan kita bahas lebih lanjut pada artikel berikutnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up