Menu Close

Buah Rukam Buah Langka Yang Ada Di Kawasan Danau Toba

Buah Rukem
This image has an empty alt attribute; its file name is rukam-di-dahan.jpg
Buah Rukam

Rukam atau rukem (Flacourtia rukam) adalah sejenis pohon buah-buahan yang asli dari Kepulauan Nusantara dan tumbuhan ini ada dijumpai di kawasan Danau Toba. Buahnya dapat dimakan segar atau diolah menjadi selai. Sebelum dimakan, buah rukam perlu dipijit-pijit dulu bagian luarnya agar rasa sepatnya hilang.

Buah rukem yang baik untuk dimakan adalah yang sudah masak karena enak rasanya, tandanya adalah saat kulit buah terlihat sudah berwarna merah kehitaman. Sebelum dimakan buahnya dipijit dulu, setelah dipijit dan melunak (tanpa memecahkan buah), kita bisa menggigit kulitnya dan menghisap daging buah. Rasanya unik, ada manis dan masam yang menyegarkan. Jika sebelum makan buah tak dipijit hingga lunak, maka akan ada sensasi sepat yang membuat mulut seperti sedikit tebal.

“Pohon rukam sudah mulai langka di Danau Toba. Oleh karenanya mulai tahun 2018, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli akan mengembangkan Rukam beserta sembilan jenis pohon buah hutan khas Batak lainnya pada taman etnobotani yang akan dibangun di Aek Nauli. Kegiayan ini dilakukan oleh para peneliti BP2LHK Aek Nauli. 

Selain menghasilkan buah yang bisa dimakan, pohon-pohon tersebut juga memiliki keterkaitan yang erat dengan sosial budaya suku Batak. Pohon rukam atau tada-tada, kayu pohon ini merupakan bahan baku terbaik pembuatan Tunggal Panaluan yaitu tongkat Raja Batak dan pemimpin spiritual suku Batak. 

Penggunaan Buah Rukam

Buah yang memiliki rasa asam, bentuk bulat dan warna merah sampai ungu ini tidak hanya segar namun juga memiliki banyak khasiat dan nutrisi sepeti vitamin C, lemak, serat dan beberapa nutrisi lainnya. Tumbuhan ini juga memiliki khasiat pengobatan.

Dari beberapa informasi mengatakan buah rukem memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit, seperti:

  • Mengatasi Diare

Diare terjadi karena bakteri yang berkembang di saluran pencernaan. Untuk mengobati diare, anda bisa mengkonsumsi buah rukem yang bisa meredakan dan membunuh bakteri penyebab diare tersebut, sementara kandungan seratnya bermanfaat sebagai metabolisme tubuh.

  • Menyembuhkan Gangguan Pencernaan

Kandungan yang ada dalam buah rukem juga sangat baik digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan dan membunuh bakteri yang terdapat di dalam usus. Dengan mengkonsumsi buah rukem maka berbagai bakteri serta parasit bisa dihindari.

  • Mengandung Serat Alami Tinggi

Seperti pada berbagai jenis sayur dan buah, kandungan serat tinggi juga banyak terkandung dalam buah rukem. Serat ini sangat bermanfaat sebagai metabolisme dalam tubuh.

  • Mengandung Vitamin Tinggi

Salah satu kandungan yang ada dalam buah rukem adalah vitamin C tinggi. Vitamin C ini akan berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

  • Menurunkan Berat Badan

Buah rukem ini juga sangat baik untuk dikonsumsi pelaku diet. Kandungan lemak yang sangat sedikit dan nutrisi penting didalamnya akan berguna untuk membantu penurunan berat badan dengan cukup cepat jika dikonsumsi dengan rutin.

  • Menyamarkan Bekas Gigitan Serangga

Gigitan serangga seperti nyamuk, biasanya akan meninggalkan bekas setelah menghisap darah manusia. Buah rukem ini bisa anda gunakan untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas gigitan serangga tersebut dengan cara mengoleskan air yang terdapat dalam buah rukem secara langsung pada bekas gigitan serangga tersebut.

  • Menyembuhkan Sariawan

Karena kandungan vitamin C tinggi yang ada dalam buah rukem, maka untuk anda yang sedang menderita salah satu penyakit mulut yakni sariawan juga bisa lebih sering mengkonsumsi buah rukem sehingga sariawan bisa lebih cepat sembuh.

Tanaman Rukam di Berbagai Kawasan


Rukam atau Rukem (Flacourtia rukam) adalah nama pohon penghasil buah yang konon merupakan tanaman asli Indonesia. Penyebaran  pohon  rukam mulai  langka  di  Indonesia,  karena  pohon  ini  ditanam  sebagai tanaman pekarangan bukan tanaman budidaya buah komersial, dan sudah mulai jarang orang menanam pohon ini.

Ukuran dan daging buah rukam

Dalam bahasa Inggris buah Rukan atau Rukem ini disebut Indian Prune. Di beberapa negara lain, beberapa nama diberikan seperti Rukam (Filipina), Ta Khop Thai (Thailand), Rukam Manis, Rukam Gajah, Rukem (Malaysia), Jawa Rukamu (Jepang). Sedangkan dalam Bahasa Latin, tanaman langka ini disebut sebagai Flacourtia rukam atau juga (sinonim) Flacourtia euphlebia.


Rukam yang masuk dalam Famili Flacourtiaceae terdapat di daerah Asia Tenggara dan juga India. Pohon ini tumbuh di daerah tropika basah sampai pada ketinggian 1.500 m dpl. Namun di alam liar ditemukan dapat tumbuh pada ketinggian 2.100 m dpl. Habitat alaminya di hutan primer dan sekunder. Tanaman ini mempunyai adaptasi yang cukup terhadap kisaran suhu, curah hujan, dan kondisi tanah. Tinggi pohon rukem mencapai 20 m dengan batang dan cabang-cabang biasanya berlekuk (bengkok-bengkok) dan beralur. Pada batang rukam terdapat duri-duri yang panjangnya bisa mencapai  10  cm.


Tanamannya dapat diperbanyak dengan cara semai biji atau cangkok. Tanaman dari biji akan mulai berbuah umur 7  – 8 tahun, sedangkan dari cangkok umur 3 – 4 tahun

3 Comments

  1. Pingback:Buah Rukam Buah Langka Yang Ada Di Kawasan Danau Toba — Gorga Alam Nusantara - TOBA CONNECT

  2. Pingback:WOW Blog

  3. Pingback:Buah Rukam Buah Langka Yang Ada Di Kawasan Danau Toba — Gorga Alam Nusantara - TobaConnect

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up
%d bloggers like this: