Menu Close

Buah Sotul Yang Banyak Manfaatnya

Buah Sotul
This image has an empty alt attribute; its file name is Buah-Kecapi.jpg

Pohon Sotul merupakan tanaman yang ditanam untuk diambil buahnya. Dalam masyarakat di Kawasan Danau Toba sering menggunakan kulit buahnya yang berdaging tebal, dicampur sebagai bumbu ikan arsik sebagai pengganti asam. Orang Toba khususnya meyakini bahwa ikan mas yang diarsik dengan menggunakan bumbu sotul, rasanya lebih nikmat jika dibandingkan dengan perasan buah asam untuk menimbulkan rasa asam pada masakan arsik ikan mas.

Buah sotul yang sudah matang memiliki rasa yang manis sehingga dapat dimakan dalam keadaan segar atau dimasak terlebih dahulu dan dijadikan manisan buah. Buat anak-anak sekolah pohon ini akan memiliki kenangan sendiri, karena pohon ini sering ditanami di sekitar lingkungan sekolah atau perumahan. Anak-anak sekolah di perkampungan kawasan Danau Toba sering menjadikan pohon ini sebagai tempat untuk bermain panjat-panjatan karena ukurannya yang bisa sangat tinggi sehingga menantang adrenalin untuk memanjatnya.

Selain itu ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari buah ini, salah satunya adalah untuk dikonsumsi langsung, dijadikan manisan, selai, jelly marmelade, pengharum alami, dan chutney. Sementara itu dalam hal kesehatan, sotul juga memiliki kandungan zat polifenol. Zat polifenol inilah yang dipercaya bisa mencegah resiko terkena kanker dan penyakit jantung. Tak hanya itu, juga diyakini bisa mencegah kepikunan dini atau Alzheimer.

Berbagai bagian pohon kecapi memiliki khasiat obat. Rebusan daunnya digunakan sebagai penurun demam. Serbuk kulit batangnya untuk pengobatan cacing gelang. Akarnya untuk obat kembung, sakit perut dan diare; serta untuk penguat tubuh wanita setelah melahirkan.

Buah Sotul dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai buah kecapi atau sentul, atau ada juga menamakannya dengan sebutan ketuat. Nama-nama lainnya adalah kechapi (Mal.), sentol, santol atau wild mangosteen (Ingg.), santor (Fil.) dan lain-lain. Nama ilmiahnya Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr.

Bentuk Tumbuhan Sotul

Pohon Sotul atau kecapi merupakan pohon yang rimbun dan besar, dapat mencapai tinggi hingga 30 m, umumnya pohon yang tumbuh di pekarangan hanya mencapai sekitar 20-an meter. Ukuran batang pohon ini dapat mencapai diameter 90 cm, jika dilukai batangnya bergetah seperti susu.

Bentuk daun pohon sotul berbentuk majemuk berselang-seling, bertangkai s/d 18 cm, menyirip beranak daun tiga, bentuk jorong sampai bundar telur, dengan ukuran 6-26 × 3-16 cm; membulat atau agak runcing di pangkal, meruncing di ujung; hijau berkilat di sebelah atas, hijau kusam di bawahnya. Anak daun ujung bertangkai panjang, jauh lebih panjang dari tangkai anak daun sampingnya.

Buahnya berbentuk bulat agak gepeng dengan diameter 5-6 cm, jika sudah matang akan berwarna kuning atau kemerahan, memiliki bulu halus seperti kain beludru. Daging buah bagian luar tebal dan keras, menyatu dengan kulit, kemerahan, rasanya agak masam; daging buah bagian dalam lunak dan berair, melekat pada biji, putih, masam sampai manis. Biji berjumlah antara dua hingga lima butir berbentuk bulat telur agak pipih dengan warna coklat kemerahan.

Kayu Pohon Sotul


Kayu pohon sotul memiliki mutu yang baik sebagai bahan konstruksi rumah, bahan perkakas atau kerajinan. Sifat kayunya mudah dikerjakan dan mudah untuk dipoles, sehingga disenangi tukang kayu sebagai bahan kerja kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up
%d bloggers like this: