Menu Close

Calendar

May
18
Sat
Pesta Adat Sihaporas
May 18 all-day
Pesta Adat Sihaporas

Masyarakat adat Sihaporas di Kabupaten Simalungun, masih memegang erat budaya leluhur dengan rutin menggelar berbagai ritual kepadaTuhan untuk mengucapkan syukur, meminta ampunan dosa, memanjatkn doa kesehatan dan keselamatan, kemurahan rezeki, kedamaian serta kebahagiaan. Seluruh penduduk desa akan terlibat dalam gotong royong mempersiapkan pelaksanaan ritual.

Tahapan ritual dimulai dengan mencari dan meramu segala keperluan ritual dan dilanjutkn dengan pemanjatan doa sekaligus pembukaan diiringi musik tradisional. Di hari berikutnya ritual dimulai dengan menyembelih ayan dan dilanjutkan dengan tradisi pembasuhan diri, makan bersama, menari bersama, bersih desa serta diakhiri dengan menari dan persembah sesajian pada malam harinya. Menghadiri Pesta Adat Sihaporas adalah sebuah pengalaman baik tentang sebuah komunitas adat yang begitu memelihara semangat gotong royongnya, yang mengikat bagi para penduduknya untuk selalu rukun dan hidup harmonis.

Sep
11
Wed
Oang Oang Festival
Sep 11 – Sep 12 all-day
Oang Oang Festival

Pesta Orang Oang sejak zama kuno telah displikasikan kepada leluhur suku Pakpak Bharat dalam acara adat Pakpak Bharat, antara lain: pernikahan, kemaangan/kematian atau pesta lain sebagai ucapan syukur. Perayaan Oang Oang diadakan setiap tahun, dan tahun ini berbagai rangkaian acara diadakan seperti: Kompetisi Parsinabul (ada Speakers), Ritual Menggungus Api, Musik Tradisional Kalontang, Tari Kolosal dan Moccak (pencak Silat Pakpak Bharat).

Pesta Oang Oang membawa konteks Acara Budaya yang terasa kental dengan seni budaya lokal khususnya Pakpak Bharat. Puncak acara, wisatawan akan melihat konvoi mobil hias dan parade yang melibatkan seluruh komunitas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dengan pakaian lokal saat membawa panen. Di akhir perayaan, orang-orang akan makan bersama dengan warga, tamu dan turis. Ini adalah tradisi leluhur turun temurun untuk menjalin persahabatan dan keintiman di antara

Nov
16
Sat
Festival Ya’ahowu
Nov 16 – Nov 20 all-day
Festival Ya’ahowu

Ya’ahowu Festival merupakan event tahunan di Kepulauan Nias yang melibatkan 5 Kabupaten/ Kota di Kepulauan Nias.
Kata Ya’ahowu memiliki makna ungkapan salam damai dan selamat. Nilai luhur kebersamaan dan kedamaian dari makna Ya’ahowu tersebut diangkat menjadi suatu event di Kepulauan Nias

Dec
9
Mon
Festival Danau Toba
Dec 9 – Dec 12 all-day
Festival Danau Toba

Festival Danau Toba merupakan event budaya, pariwisata dan olahraga. Cikal bakal event ini adalah Pesta Danau Toba dan dimulai tahun 1980 an dan berubah menjadi Festival Danau Toba pada tahun 2011. Sejak berganti menjadi Festival Danau Toba lokasi pelaksanaan event dilakukan secara bergantian di Kabupaten sekawasan Danau Toba.

Scroll Up
%d bloggers like this: