Info Kopi

Cara Membuat Kopi Dengan Menggunakan Saringan

Cara membuat minuman kopi


Cara Membuat Kopi Tanpa Mesin Pembuat Kopi


Jika Anda selalu minum kopi di setiap pagi untuk menyegarkan diri Anda maka pada saat mesin pembuat kopi Anda rusak tentu dapat menjadi mimpi buruk. Tapi jangan takut, karena terdapat berbagai cara bagi Anda untuk menyiapkan kopi tanpa penggunaan mesin pembuat kopi. Berikut adalah salah satu cara yang bisa Anda coba, yakni dengan menggunakan saringan

Bahan


Membuat secangkir kopi (8 ons)
  • 1 hingga 2 sendok makan bubuk kopi (15 hingga 30 ml) atau 1 hingga 2 sendok makan bubuk kopi instans (5 hingga 10 ml)
  • 6 hingga 8 ons air panas (180 hingga 250 ml)

Tahap-tahap membuat kopi dengan menggunakan saringan

Tahap 1. Memanaskan air.

Memanaskan air bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai alat seperti panci, ketel, atau menggunakan panci elektrik.

Cara pertama yang paling direkomendasikan adalah dengan menggunakan ketel, dan yang kedua adalah denganmenggunakan panci. Untukmelakukan kedua cara di atas, isilah peralatan tersebut dengan air yang secukupnya, sesuai dengan banyaknya kopi yang akan dibuat dan kemudian letakkan ketel atau panci di atas kompor. Memanaskan air dilakukan dengan menggunakan api sedang atau besar.

Memanaskan air dengan panci elektrik dapat dilakukan dengan mudah. Setelah air dituangkan secukupnya ke dalam panci nyalakan listrik panci tersebut. Putarlah tombol pengaturan panas pada panci ke daerah yang berada di antara medium dan full heat, kemudian biarkan mesin bekerja selama beberapa menit hingga air mulai berbuih dan mendidih.

Tahap 2 Mengukur takaran bubuk kopi menggunakan gelas ukur.

Masukkan bubuk kopi ke dalam gelas ukur terbesar yang Anda punya jika ingin membuat sebanyak mungkin kopi yang diinginkan.
Takaran yang digunkan sekitar satu atau dua sendok makan bubuk kopi  atau 15 hingga 30 ml untuk setiap satu cangkir air atau 250 ml.
Gunakanlah gelar ukur yang lebih besar jika ingin membuat lebih dari satu cangkir kopi. Jika tidak memiliki sebuah gelas ukur yang besar, maka bisa menggunakan mangkuk atau pitcher tahan panas yang besar.

Tahap 3 Tuangkan air panas ke bubuk kopi

Kemudian tuangkan air panas langsung ke bubuk kopi yang berada di gelas ukur. Dalam hal ini Anda tidak membutuhkan saringan untuk cara ini karena bubuk kopi dan air langsung menyatu.

Tahap 4 Biarkan kopi terendam.

Biarkan kopi terendam selama tiga menit kemudian aduk secara merata, lalubiarkan kembali larutan kopi tersebut selama tiga menit.

Lamanya waktu dalam pembuatan kopi bisa bervariasi, tergantung jenis kopi yang Anda gunakan dan berapa kuat rasa yang Anda inginkan. Jumlah waktu di atasakan menghasilkan secangkir kopi yang standar dengan menggunakan bubuk kopi yang berkualitas standar pula.

Tahap 5 Menyaringbubuk kopi saatmenuangkan kopi ke cangkir.

Letakkan penyaring di atas cangkir, termos, atau wadah yang akan digunakan untuk kopi yang sudah jadi. Tuangkan larutan kopi melalui penyaring yang disediakan. Lakukan hal yang sama untuk mengisi cangkir lainnya.

Penyaring digunakan untuk menyaring bubuk kopi dan mencegah bubuk tersebut untuk masuk ke cangkir kopi Anda.

Setelah disaring sekarang Anda sudah dapat menikmati tersebut. Penambahan krim atau gula disesuaikan dengan keinginan Anda, lalu selahkan nikmati kopinya.

Baca juga: Cara Membuat Kopi Dengan Menggunkan Penyaring Kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *