Info Kopi

Cara Membuat Kopi Dengan Menggunkan Penyaring Kertas

Cara membuat minuman kopi

Selain menggunakan alat penyaring membuat kopi bisa juga dilakukan dengan menggunakan penyaring kertas. Berikut ini adalah tahap-tahap membuat kopi dengan menggunakan penyaring kertas.

Bahan


Membuat secangkir kopi (8 ons)
  • 1 hingga 2 sendok makan bubuk kopi (15 hingga 30 ml) atau 1 hingga 2 sendok makan bubuk kopi instans (5 hingga 10 ml)
  • 6 hingga 8 ons air panas (180 hingga 250 ml)


Tahap-tahap membuat kopi dengan menggunakan Penyaring Kertas


Tahap 1 Memanaskan air. 

Memanaskan air bisa dilakukan dengan menggunakan ketel kompor, panci atau panci elektrik. Jika Anda memanaskan air menggunakan ketel atau panci, maka isilah ketel atau panci dengan air secukupnya dan didihkan dengan api sedang. Jika menggunakan panci listrik isi panci elektrik dengan air secukupnya dan nyalakan listrik panci. Atur pengaturan panas ke daerah medium atau high dan biarkan air mendidih dengan sendirinya.


Tahap 2 Letakan bubuk kopi ke sebuah penyaring kopi. 

Siapkan bubuk kopi dan masukkan ke tengah-tengah penyaring kopi dan kemudian ikat penyaring sehingga menjadi sebuah bundel menggunakan tali atau benang. Untuk mencegah bubuk kopi keluar dan tercampur ke air pastikan mengikat penyaring seketat mungkin. Mengikat kantung kertas tersebut seperti sedang membuat sebuah kantung kopi yang sama seperti sebuah kantung teh.

Sisakan tali atau benang secukupnya yang nantinya akan digunakan untuk menggantung kantung kopi pada cangkir, sehingga Anda akan dapat menarik kantung kopi tersebut nantinya.

Tahap 3 Tuangkan air sampai kantung kopi terendam. 


Letakkan kantung kopi di cangkir Anda dan tuangkan air panas secukupnya hingga kantung kopi terendam. Untuk membuat beberapa cangkir kopi letakkan satu kantung kopi ke setiap cangkir. 

Tahap 4 Merendam. 

Biarkan kopi terendam dalam air panas dalam waktu 3 hingga 4 menit. Jika Anda lebih menyukai rasa kopi yang lebih kuat, maka Anda bisa merendam kopi lebih lama, sedangkan jika ingin kopi dengan rasa yang tidak begitu kuat, rendam kopi selama 2 hingga 3 menit. Selama proses perendaman tersebut tidak perlu diaduk.

Tahap 5 Mengangkat kantung kopi dan nikmati. 


Tariklah tali pada kantung kopi untuk memindahkan kantung tersebut dari dalam gelas. Sebelum mengangkat kantung pindahkan kantung kopi ke sisi samping cangkir dan tekanlah sedikit dengan sendok agar cairan yang berada di kantung kopi keluar. Karena cairan yang berada di kantung kopi telah berada lama di kantung tersebut, hal ini akan menyebabkan rasa kopi yang lebih pekat jika Anda mengeluarkan cairan dari kantung dan mencampurkannya ke larutan di cangkir. Penambahan krim atau gula disesuaikan dengan selera Anda, kemudian siap dihidangkan.

Metode ini paling cocok digunakan jika Anda hanya berencana untuk membuat secangkir kopi. Jika Anda ingin membuat kopi untuk beberapa cangkir, maka Anda harus membuat kantung kopi sebanyak jumlah cangkir yang akan Anda buat dan kantung tersebut nantinya akan digantungkan ke masing-masing cangkir.


Kopi yang disiapkan dengan metode ini akan menghasilkan rasa yang tidak begitu kuat jika dibandingkan dengan kopi yang disiapkan menggunakan metode saringan. Untuk itu, Anda setidaknya harus menggunakan 2 sendok makan bubuk kopi (30 ml) untuk setiap 1 cangkir air (250ml). Jika salah satu dari komponen tersebut ada yang kurang takarannya maka akan menghasilkan rasa kopi yang lemah.

Baca juga: Cara Menggunakan Alat Pembuat Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *