Info Kopi

Cara Membuat Kopi Tubruk

Kopi tubruk tidak asing buat para pecinta kopi, karena kopi ini adalah salah satu racikan kopi asli Indonesia. Ciri khas kopi tubruk adalah kepekatan kopi dan aroma kopi yang pas dan mantap. Bagaimana mendapatkan kopi tubruk? Untuk mendapatkan kepekatan dan aroma kopi tubruk maksimal, berikut adalah caranya.
membuat minuman kopi
Kopi Tubruk
Teknik meracik kopi tubruk seakan sudah menjadi pengetahuan biasa bagi banyak orang terutama penikmat kopi. Namun dalam membuat kopi tubruk yang enak dan nikmat, dimulai mempersiapkan air, kopi, hingga menyeduhnya punya cara sendiri. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu dipastikan saat membuat kopi tubruk.


YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT KOPI TUBRUK YANG ENAK

1. Bahan Kopi

Kesegaran kopi merupakan hal utama dalam membuat racikan kop termasuk dalam membuat kopi tubruk. Salah satu cara memastikan kesegaran kopi  adalah menggiling kopi sesaat sebelum diseduh. Bahkan  jika memungkinkan sebaiknya memilih kopi yang belum terlalu lama disangrai. Jika kopi yang kita gunakan demikian maka kopi yang kita nikmati itu masih memiliki lemak dan minyak esensial yang penuh, sebab lemak dan esensial kopi sangat mudah menguap. Jadi kalau kopinya sudah agak lama jadinya kopinya jadi kurang bagus.

Bagaimana dengan selera kopi? Kopi yang berasal dari daerah mana pun kalau kita cocok, ya pasti enak. Jadi untuk jenis kopi dan asal daerahnya disesuaikan dengan selera masing-masing.

2. Air Panas

Pada dasarnya air bisa baik dari air keran, sumur atau air sungai sudah mengandung mineral yang bisa dipakai untuk bahan minuman kopi. Kandungan mineral dalam air yang dipakai bermanfaat agar minyak esensial yang ada di dalam kopi bisa terseduh secara optimum. Jadi menggunakan air mineral dalam kemasan bisa juga untuk membuat kopi.

Tingkat  panas air juga akan mempengaruhi rasa saat kopi dicampur dengan air. Jika menginginkan rasa kopi yang pahit gunakan air mendidih. Namun untuk mendapatkan rasa aroma kopi yang mendetail suhu airnya harus lebih rendah, semakin rendah suhu air maka keasaman dari kopi akan lebih terasa saat dinikmati.

3. Penyeduhan

Setelah air dan kopi, bagaimana cara penyeduhan juga punya pengaruh minuman kopi yang dihasilkan. Untuk mendapatkan kopi tubruk yang rasanya maksimal, sebaiknya setelah bubuk kopi dituang dengan air, dibiarkan dulu  selama tiga atau empat menit, jangan diberi apapun dulu dan diaduk.

4. Pengadukan

Jumlah dan frekwensi adukan berpengaruh rasa pada kopi yang dibuat. Semakin banyak diaduk maka proses pelepasan saripati kopi semakin semakin banyak sehingga rasa kopi akan semakin terasa.

Demikianlah cara meracik kopi tubruk, semoga pembaca bisa mendapatkan kopi yang nikmat rasanya.

Lihat juga: Cara Membuat Cappucino Choco Float

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *