Cara Menyimpan Madu yang Benar, Salah Satunya Jangan Taruh di Kulkas
Lifestyle

Cara Menyimpan Madu yang Benar, Salah Satunya Jangan Taruh di Kulkas

Kualitas madu akan tetap terjaga jika disimpan dengan langkah yang benar. Mulai dari pemakaian wadah, sendok dan posisi penyimpanannnya. Hal ini dipertimbangkan karena beberapa kondisi justru mengakibatkan reaksi kimia dari kandungan madu. Akibatnya kualitas madu dapat terganggu. Bagaimana cara menyimpan madu yang benar?

Berikut adalah langkah menyimpan madu yang benar sehingga kualitas madu tetap terjaga:

Pertama, gunakan wadah yang terbuat dari kaca ataupun plastik. Hal ini perlu diperhatikan. Karena jika disimpan dalam wadah berbahan logam justru memicu reaksi oksidasi. Sedangkan wadah kaca sifatnya netral dan sulit terurai jika terkena panas. Sehingga rasa dan khasiatnya tidak terganggu.

Selain itu pastikan wadah sudah bebas bau dan benar-benar kering. Setetes air pun ada dalam wadah akan merusak kualitas madu. Begitupun bau asing pada wadah, mesti dihilangkan agar aroma pada madu tetap terjaga.

Kedua, pastikan wadanya ditutup rapat dan kering. Karena wadah terbuka bisa mengundang semut. Apalagi madu sifatnya higroskopis, yang membuat madu akan menyerap uap air disekitarnya jika wadah penyimpanannya terbuka. Akibatnya, tekstur madu jadi encer dan rasanya pun berubah. Lain halnya jika wadah ditutup rapat,madu akan tetap kental.

Ketiga, letakkan madu pada kondisi yang jauh dari panas. Seperti kompor dan paparan sinar matahari langsung. Madu yang terpapar panas akan menghitam. Selain itu bisa merusak anti-bakteri pada madu dan mengoksidasi zat besi pada madu. Akibatnya manfaat madu jadi berkurang.

Keempat, jangan menyimpan madu dalam kulkas. Menaruhnya di lemari es justru mempercepat proses kristalisasi madu. Akibatnya, tekstur madu yang beku akan sulit dikonsumsi. Suhu ruangan sudah cukup baik untuk meyimpan madu. Tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Kelima, ketika mengambil madu, pakailah sendok yang benar-benar kering. Ini termasuk cara menyimpan madu agar tetap terjaga kualitasnya. Karena penggunaan sendok yang basah akan menyebabkan fermentasi pada madu. Akibatnya akan mengganggu kualitas madu.

sumber: tempo.co

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *