COFFEE FESTIVAL TOBA 2017

Coffee Festival Toba 2017

posted in: Event, Kuliner | 0
Coffee Festival Toba 2017
Coffee Festival Toba 2017

Coffee Festival Toba 2017 yang akan digelar pada 20-21 Mei 2017 mendatang membawa  kopi daerah Sumatera Utara yang sangat dikenal menjadi hal menarik sebagai atraksi pariwisata. Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di dunia yang cocok untuk pasar Eropa.

Kopi sendiri adalah jenis minuman yang dicatat sejarah sejak abad ke-9, berasal dari dataran tinggi di Ethiopia Afrika. Lewat perdagangan bangsa Arab menuman ini disebarluaskan hingga Afrika Utara, Asia dan Eropa.

Kopi Indonesia dengan beragam jenis dan aromanya yang khas menjadi menarik untuk dibuat menjadi satu festival.

Coffee Festival Toba 2017 memiliki tujuan sebagai ajang untuk memperkenalkan lebih luas akan keragaman jenis kopi khas Indonesia terutama di kawasan Sumatera Utara dengan berbagai jenis dan lokasi sumber kopi sekaligus mengangkat pariwisata Danau Toba. Festival ini diharapkan dapat memperbanyak jumlah kunjungan wisatawan melalui agrowisata kopi. Sekaligus mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas.

Indonesia merupakan negara terbesar ketiga penghasil kopi di dunia setelah Brasil dan Vietnam, dengan produksi rata-rata sebesar 685 ribu ton per-tahun (8,9%) dari produksi kopi dunia.

Kopi-kopi yang berasal dari Sumut sangat seperti kopi Lintong, kopi Mandheling, kopi Sidikalang, kopi Tarutung, kopi Silimakuta, kopi Dolog Sanggul, kopi Karo, dan kopi Samosir. Berbagai jenis kopi yang dihasilkan di daerah Sumatera Utara ini mulai diakui dan banyak dicari oleh para peracik kopi dunia. Dan bagi wisatawan yang dating ke Kawasan Danau Toba mebawanya sebagai oleh-oleh wajib jika berwisata ke Danau Toba dan sekitarnya.

Coffee Festival Toba yang digelar di Parulohan, Kabupaten Humbang Hasundutan diyakini bisa mendatangkan wisatawan, termasuk dari mancanegara penikmat kopi . Coffee Festival Toba 2017 diramaikan juga dengan berbagai kegiatan edukatif seperti workshop, seminar, kompetisi, dan lain-lain.

Coffee Festival Toba 2017 akan diikuti sekitar tiga puluh peserta, bukan saja dari sentra penghasil kopi Sumut, akan ikut juga peserta yang berasal dari daerah lain seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, Palembang, dan Makassar. Festival ini akan membuat kopi-kopi dari Indonesia semakin mendunia namanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *