Coklat Dari Biji Menjadi Batangan

coklat

Salah satu hasil bumi Indonesia adalah coklat yang ada di sepuluh pulau nusantara, dan Indonesia adalah penghasil biji kakao terbesar ketiga di dunia. Biji kakao di Indonesia dipandang sebagai salah satu biji kakao terbaik dan termurni di dunia. Biji kakao yang tumbuh di Indonesia memiliki kandungan Herritage Criollo dengan presentasi yang tinggi yang merupakan ciri biji kakao yang cukup langka dan memiliki citra rasa paling unggul dan langka.

Bahan baku kakao unggulan ini menjadi bahan dasar pembuatan coklat batangan yang disukai banyak orang dari berbagai kalangan. Bentuk olahan coklat sangat beragam yang dihasilkan oleh pabrik coklat. Terdapat sebuah pabrik coklat  di sebuah pedesaan di Ubud yang merupakan pabrik coklat organik pertama di Asia Tenggara, pabriknya bernama Pabrik Coklat Big Tree Farms. Pabrik ini menghasilkan makanan artisan, dimana makanan yang dihasilkan dibuat secara khusus dan buatan tangan. Pabrik ini memproduksi produk coklat yang berbahan dari coklat yang di tanam di Indonesia, dan pabrik ini menjadi terkenal karena memproduksi salah satu kakao mentah organik dan coklat organik terlezat.

Pohon Coklat
Pohon Coklat

Kakao dihasilkan dengan pertanian dengan metoda organik sehingga dihasilkan kakao terbaik. Kakao mentah diketahui merupakan salah satu sumber magnesium alami dan mengandung anti oksidan yang kandungannya lebih tinggi dibandingkan dengan anggur merah dan eh hijau. Kakao mengandung asam amino dan enzim serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Namun dalam melakukan pengolahan bahan baku harus dilakukan dengan benar dan hati-hati karena jika melakukannya kandungan tersebut akan berkurang. Biasanya hal ini terjadi karena pengaruh suhu yang terlalu tinggi pada saat pengolahan sehingga kandungan yang memiliki kelebihan alami ini menjadi hilang. Untuk mendapatkan produk dengan mutu terjamin sehat dan aman yang terjaga nilai gizi asli dari biji kakao diperlukan cara yang khusus.

Bahan kakao organik diolah dan dicampur dengan gula kelapa untuk emnghasilkan coklat yang lezat berbentuk coklat batangan. Coklat batangan adalah jenis makanan yang disenangi berbagai kalangan karena rasanya yang sangat lezat. Indonesia memang sangat kaya dengan hasil sumber alam, seperti halnya coklat ini, yang dapat diolah menjadi makanan yang sangat digemari secara luas.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up