Fakta Unik Pohon Terbesar di Bumi, Tingginya Setara Patung Liberty
Nature

Fakta Unik Pohon Terbesar di Bumi, Tingginya Setara Patung Liberty

Bagi para penggemar anime, kamu pastinya pernah melihat pohon dewa yang muncul saat Naruto melawan Madara dan Obito. Pohon itu tampak menjulang tinggi, bahkan hampir dipastikan tak ada yang bisa menyaingi ketinggiannya.

Jika di Naruto ada pohon dewa, maka di dunia nyata ada pohon Sequoiadendron giganteum atau sequoia raksasa, pohon terbesar di planet Bumi yang hidup di sebuah kawasan kecil di lereng pegunungan Sierra Nevada, California, Amerika Serikat.

Satu dari tiga anggota subfamili Sequoioideae dari keluarga Cypress, sequoia raksasa dan sepupunya Sequoia sempervirens atau pohon redwood pesisir, memegang rekor sebagai pohon terbesar dan tertinggi di dunia.

Sequoia raksasa pertama kali ditemukan oleh sekelompok orang yang tengah melakukan perjalanan melalui Sierra utara lembah Yosemite pada 1833. Namun pada saat itu, para pejalan kaki yang menemukan pohon tersebut tidak terlalu memperdulikannya sehingga akhirnya ditemukan kembali pada 1852, di tempat yang sekarang disebut Calavers North Grave.

Sequoiadendron giganteum, pohon terbesar di dunia. Foto: flickr/Vicente VillamonSequoiadendron giganteum, pohon terbesar di dunia. Foto: flickr/Vicente Villamon

Dikutip Mongabay, pohon sequoia raksasa biasanya tumbuh di ketinggian 1.500 hingga 2.000 mdpl dan membutuhkan iklim yang sangat spesifik. Saking spesifiknya, ia hanya tumbuh secara alami di sebuah area sempit, sekitar 420 kilometer di antara hutan konifer di sisi barat pegunungan Sierra Nevada.

Mereka bisa hidup hingga berabad-abad lamanya, atau mencapai usia hingga 3.000 tahun. Pohon unik ini memiliki cabang yang sangat besar hingga berdiameter 2,5 meter, sementara lingkar batang pohon mencapai 11 meter dengan ketebalan kulit mencapai 90 centimeter.

Sequoia terbesar dan tertinggi berukuran setara gedung 36 lantai, atau bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 91 meter. Sementara pohon sequoia tertinggi di planet Bumi adalah Hyperion Tree, yakni pohon redwood pesisir yang tingginya mencapai 115 meter, hampir sama dengan tinggi Tugu Monas (132 meter).

Adapun pohon terbesar di dunia diukur dari volumenya adalah General Sherman. General Sherman tak hanya menjadi pohon terbesar di dunia yang masih hidup sampai saat ini, tapi juga organisme hidup terbesar di muka Bumi. Umurnya mencapai 2.100 tahun, berat 1.250 ton (1,25 juta kilogram), tinggi 83 meter, dan lingkar batang pohon mencapai 31 meter.

Disediakan oleh Kumparan

Pohon sequoia raksasa adalah spesies pohon dengan rentang umur terpanjang di dunia. Pohon raksasa ini hanya bereproduksi lewat biji yang terkadang tidak tumbuh selama 20 tahun. Kebakaran hutan membantu membuka cangkang biji sequoia yang kemudian tumbuh di tanah sisa kebakaran itu.

Uniknya, kesuksesan proses reproduksi pohon raksasa ini memerlukan sesuatu yang sangat luar biasa, di mana setiap pohon hanya perlu memproduksi satu keturunan selama ribuan tahun hidupnya, agar spesies pohon ini tetap ada.

Pohon sequoia pernah ditebang untuk industri kayu pada 1870-an. Namun, kayunya yang rapuh dan tidak bagus untuk perumahan atau industri membuat pohon ini sebagian besar terlindungi.

sumber: kumparan

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *