Festival Kopi Toba 2017

Kebun Kopi di Tepi Danau Toba

Danau Toba di Sumatera Utara diatur untuk menyelenggarakan Festival Kopi Toba 2017 di Sipinsur Park selama dua hari mulai tanggal 2 Desember 2017, salah satu alasannya adalah karena kopi provinsi tersebut merupakan salah satu kopi paling terkenal di dunia.

Varietas kopi dari Sumatera Utara sangat beragam yang meliputi lintong, mandheling, sidikalang, tarutung, silimakuta, dologus, dan samosir.

Acara festival ini diadakan sebagai cara untuk mempromosikan kopi Sumatera Utara, Festival Kopi Toba diadakan sekaligus untuk menarik wisatawan, termasuk penggemar kopi dari luar negeri.

Sekitar 30 peserta yang akan ikut serta dalam festival tersebut, beberapa diantaranya berasal dari kota lain seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, Palembang dan Makassar.

Salah satu kegiatan yang akan digelar sepanjang festival ini adalah workshop Coffee Blending & Field Trip, selain itu ada juga beberapa kegiatan lainnya seperti seminar, kompetisi, pertunjukan musik dan lain-lain.

Festival Kopi Toba 2017 ini diharapkan bisa berkontribusi terhadap produktivitas kopi di Indonesia sekaligus meningkatkan perekonomian di Sumatera Utara. Kegiatan ini juga bertujuan menjembatani kemitraan strategis antara petani kopi dan produsen kopi dan eksportir.

Indonesia adalah produsen kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Vietnam dengan produksi rata-rata mencapai 685 ton per tahun atau 8,9 persen dari total produksi kopi di dunia.

Ada beberapa kopi yang berasal dari Indonesia dam di antara varietas kopi yang paling populer dari Indonesia adalah luwak, arabika sumatera dari utara simalungun, sidikalang, mandheling, tarutung dan lintong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up