petani, penemuan, patung kuno, Sumut,
Culture

Heboh Petani di Sumut Temukan Patung Kuno, Sempat Kesurupan

Seorang petani di Desa Meranto Omas, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumut, menemukan sebuah patung kuno berbentuk manusia. Kisah tersebut kemudian viral di media sosial.

Kepala Desa Meranti Omas, Baharudin Sagala, membenarkan peristiwa tersebut. Adalah Darpin Ritonga, petani yang menemukan patung tersebut.

“Benar, ditemukan tanggal Rabu (26/9) oleh seorang petani sawit Darpin Ritonga, ketika sedang menanam sawit di lahannya. Persisnya di dusun 3 Desa Meranti Omas,” ujar Baharudin kepada kumparan, Selasa (5/10).

Ia menduga patung tersebut berasal dari kerajaan di masa lalu karena memiliki simbol besar. “Bentuknya patung manusia, dengan ada logo yang besar kemungkinan menggambarkan sebuah kerajaan,” imbuhnya.

Penemuan patung kuno di Labuhan Batu Utara. Foto: Dok. Istimewa© Disediakan oleh Kumparan Penemuan patung kuno di Labuhan Batu Utara. Foto: Dok. Istimewa

“Karena dia pakai gelang di tangan itu yang di lengan. Baru ada sanggul di kepala, patungnya jenis laki-laki. Digambarkan dengan alat vitalnya,” ujarnya.

Atas penemuan itu, pihak desa langsung menghubungi Dinas Kebudayaan Labuhan Utara untuk melakukan pemeriksaan.

“Selanjutnya untuk sementara waktu, patung ini kita amankan sampai menunggu datangnya tim arkeolog yang dijanjikan dinas turun ke lapangan. (Tapi) Waktunya belum ditentukan,”ujar Baharudin.

© Disediakan oleh Kumparan

Penemu sempat kesurupan

Baharudin mengatakan penemu patung tersebut sempat kesurupan. Hal itu terjadi saat ada empat orang pemuda meminta izin kepada Darpin untuk mencari benda di wilayahnya.

“Tiba-tiba dia (Darpin) kerasukan,” ujar Baharudin.

Saat kerasukan, Darpin bertingkah seperti harimau. Dia marah kepada pemuda tersebut.

“Dunia saja yang kalian pikirkan, gitulah katanya. Terakhir keempat orang itu minta maaf dan nggak jadi mereka lakukan,” pungkasnya.

sumber: kumparan

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *