Khasiat dan Efek Samping Minum Kopi yang Dibuat Tanpa Gula
Info Kopi

Khasiat dan Efek Samping Minum Kopi yang Dibuat Tanpa Gula

Sebagian orang percaya biji kopi yang digiling saat sebelum diproses menjadi minuman merupakan salah satu jamu terbaik. Minuman tersebut dipercaya memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Dilansir dari farmasi.ugm.ac.id, banyak peneliti juga menyarankan agar orang dewasa sering mengkonsumsi kopi setidaknya dua cangkir setiap hari tanpa gula. Rutinitas tersebut dipercaya bisa meningkatkan mood dan fungsi kognitif otak.

Kemudian ada pula manfaat lain yang bakal diperoleh bila rutin mengonsumsi kopi tanpa gula. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

Membantu membersihkan saluran pencernaan

Kopi adalah minuman diuretik. Dengan minum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri dapat dengan mudah ikut terbawa bersama feses yang dibuang.

Membantu mengurangi berat badan

Salah satu khasiat terbaik dari kopi tanpa gula adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Minuman ini dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh hingga dalam skala 40 persen.

Menguatkan antioksidan dalam tubuh

Kopi yang dibuat tanpa gula juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Secangkir kopi tersebut dapat mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium.

Meskipun mempunyai banyak manfaat, kopi yang dibuat tanpa gula ternyata juga dapat menimbulkan efek samping bagi beberapa orang. Adapun tiga efek negatif yang akan dihasilkan adalah sebagai berikut:

1 Meningkatkan kecemasan dan dapat mengganggu pola tidur seseorang (insomnia).

2. Bagi beberapa orang, kopi dapat meningkatkan kadar asam lambung pada tubuh seseorang sehingga setelah minum kopi biasanya perut mereka akan terasa sakit.

3. Kafein pada kopi berpotensi menyebabkan pelemahan tulang belakang pada wanita pasca menopause.

sumber: tempo.co

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *