Kopi Arabika dan Robusta

Arabica dan Robusta merupakan dua jenis tanaman kopi utama, dan keduanya mempunyai kualitas yang sangat berbeda serta citra rasa yang membedakan mereka.

Biji Robusta
Biji Kopi Robusta yang merupakan bahan untuk membuat minuman kopi tumbuh lebih mudah untuk panen dari biji kopi Arabika, hal ini dikarenakan tanaman kopi jenis  ini kurang sensitif terhadap iklim sehingga lebuh mudah untuk dipanen dan jumlah buahnya juga relatif lebih banyak dibandingakn dengan kopi jenis Arabika.

Akan tetapi minuman yang dihasilkan oleh biji ini rasanya pahit dan asam. Tetapi Biji Robusta memiliki Cafeine yang tinggi.

Biji Kopi Arabika
Biji Kopi Terbaik ini tumbuh di dataran tinggi dan sangat halus dalam proses panen. Dalam penanamannya diperlukan perawatan yang terus-menerus dalam fase pertumbuhan. Biji kopi  ini menawarkan rasa jauh lebih lezat dan luar biasa.  Anda sering melihat biji kopi Arabika diberi label sebagai kopi berkualitas, tetapi memiliki kadar cafeine yang lebih rendah dari Kopi Robusta. Biji kopi Arabika adalah yang paling langka dan bernilai dalam berbagai kopi.

Bang Ferry
Author: Bang Ferry

Leave a Comment