Kopi Arabika dari Indonesia

Kopi Arabica mempunyai keistimewaan tersendiri yang membedakannya dari jenis kopi lainnya. Kopi Arabika asalanya dari hutan pegunungan di Etiopia, Afrika. Tanaman ini tumbuh dibawah kanopi hutan tropis yang rimbun, baik tumbuh di dataran dengan ketinggian di atas 500 meter dpl.

Berikut ini beberapa hal mengenai kopi Arabica yang menjadi ciri khasnya:

  • Memiliki rasa asam yang khas. Seberapa asam rasanya akan cukup bervariasi antara jenis arabica yang satu dengan yang lainnya.
  • Memiliki aroma yang khas dan sedap.
  • Rasanya pahit dan mantab
  • Kadar kafeinnya 50% lebih sedikit daripada kopi Robusta
  • Kopi Arabica cocok dikonsumsi dengan campuran susu atau cream. Namun beberapa orang memang suka mengkonsumsinya tanpa susu atau cream.

Untuk mendapatkan aroma dan rasa yang cocok biasanya dilakukan blend atau pencampuran kopi. Tidak semua blend kopi punya cita rasa dan aroma yang enak. Banyak juga blend kopi yang cita rasanya kurang baik. Memadukan berbagai macam jenis kopi adalah bukan perkara mudah. Perlu skill dan pengalaman tersendiri. Jika salah dalam pemilihan jenis kopinya, maka hasilnya akan sangat tidak sesuai dengan harapan dan rasanya tidak enak.

Jenis kopi Arabica yang populer di dunia yang berasala dari Indonesia:

Arabika Jawa.

Kopi ini sangat terkenal di seluruh dunia, sehingga nama Jawa menjadi identitas untuk kopi. Bahkan logo program komputer “Java” menggunakan lambang secangkir kopi untuk meng-identikkan kopi dengan “java”.

Arabica Sumatra Mandailing dan Kopi Lintong.

Mandheling dinamakan menurut lokasi daerah bernama Mandailing di propinsi Sumatra Utara di Indonesia. Kopi Lintong dinamakan menurut nama tempat Lintong di Sumatra Utara. Sedangkan Kopi Gayo berasal dari Dataran Tinggi Gayo.

Arabica Sulawesi Toraja Kalosi

Kalosi adalah nama kota kecil di Sulawesi, yang merupakan tempat pengumpulan kopi dari daerah sekitarnya. Toraja adalah daerah pegunungan di Sulawesi tempat tumbuhnya kopi ini. Kopi dari Sulawesi ini mempunyai aroma lebih kuat dari kopi Sumatra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *