KOPI NUSANTARA

Kopi Arabika dari Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Kopi yang dikenal dengan sebutan kopi nusantara ini memiliki karakteristik unik dan khas menyebabkan kopi Nusantara tak kalah dengan kopi-kopi yang berasal dari negara penghasil kopi lainnya.

Beberapa jenis kopi Nusantara dapat disejajarkan dan bahkan memiliki kualitas lebih unggul dibanding produk luar negeri. Berikut ini deretan kopi nusantara yang tersebar dari Aceh hingga Papua:

Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo sudah tersohor kenikmatannya. Kopi nusantara dari daerah Tanah Gayo, Aceh Tengah, ini menjadi salah satu jenis kopi Nusantara yang paling banyak dikonsumsi dan diekspor ke luar negeri.

Kopi Gayo memiliki ciri unik dengan kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia. Kopi Gayo menghasilkan sebagian besar jenis kopi Arabika terbaik, dengan cita rasa lebih pahit dan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang sangat tajam menjadikan kopi Gayo sangat digemari. Tanah Gayo sendiri menjadi penghasil kopi terbesar di Asia. Meskipun rasanya pahit, kopi Gayo memberi aroma gurih pada setiap tegukan. (baca juga : Kopi tarik khas Aceh, begini cara membuatnya)

Kopi Sumatera

Kopi Sumatera termasuk salah satu kopi Nusantara yang paling terkenal di dunia. Kopi Sumatera yang paling terkenal berasal dari Sumatera Utara dengan kopi Sidikalang, Lintong, dan Mandheling.

Kopi Sumatera memiliki cita rasa yang berat, bahkan paling berat di antara jenis-jenis kopi lain di dunia. Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki cita rasa unik dengan aroma rempah dan juga earthy.

Kopi Sumatera juga memiliki tekstur halus dan berbau tajam. Inilah yang menyebabkan kopi Sumatera menjadi salah satu kopi paling laris. Kopi ini diproses dalam dua cara, yaitu semi-washed dan dry-processed.

Ditanam di ketinggian dan kontur tanah ideal menjadikan kopi Sumatera sebagai kopi Nusantara dengan kualitas terbaik bahkan di mata Internasional. (baca juga : Kopi Sumatera, jenis, karakter dan cita rasanya)

Kopi Sulawesi

Kopi Nusantara berikutnya berasal dari Sulawesi. Tana Toraja adalah daerah yang diberkahi tanah tempat kopi tumbuh subur dengan kualitas yang tak kalah baik dari kopi dari daerah lain. Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadikan kopi nusantara dari Toraja ini diminati pasar yang memang menyukai kopi dengan keasaman tinggi.

Meski kerap disebut bercita rasa mirip dengan kopi Sumatera, namun kopi Toraja memiliki khasan. Biji kopi Toraja lebih kecil, mengkilap, dan licin. Meski memiliki cita rasa asam, namun kopi Toraja mengandung aroma earthy yang khas. Aroma itulah yang menjadikan kopi Toraja berbeda dan berkarakteristik unik.

Kopi Bali Kintamani

Kopi Nusantara yang berasal dari daerah Kintamani Bali ini memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari kopi di daerah lain di Indonesia. Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal ini karena tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain, seperti sayuran dan jeruk.

Itu kenapa biji kopinya meresap rasa buah-buahan seperti jeruk. Selain memiliki cita rasa buah, kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa yang lembut dan tidak berat. Itulah salah satu keunikan kopi nusantara dari Bali ini. Keunikan tersebut didapat dari letak geografisnya yang unik juga.

Kopi Flores Bajawa

Flores terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, dan penghasil kopi nusantara yang nikmat. Kopi Flores Bajawa berasal dari Kabupaten Ngada, tumbuh di dataran Flores yang subur.

Tanah tempat kopi ini dihasilkan mengandung andosols subur dari abu gunung berapi yang sangat baik untuk menanam kopi. Maka, jadilah kopi Flores Bajawa sebagai salah satu jenis kopi nusantara yang nikmatnya tak kalah dengan kopi nusantara lainnya.

Kopi Flores Bajawa biasanya melalui proses giling basah. Kopi nusantara yang satu ini memiliki sedikit aroma fruity dan sedikit bau tembakau pada after taste-nya. Sebuah keunikan kopi nusantara yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Kopi Jawa

Kopi Nusantara yang berasal dari Pulau Jawa ini memiliki keunikan cita rasa sendiri. Aroma rempah yang lahir secara alami menjadikan kopi jenis ini dinikmati karena karakteristiknya yang berbeda.

Meskipun kopi Jawa tidak sekuat kopi Sumatera dan Sulawesi dari segi cita rasa dan aroma, namun tetap memiliki penggemar karena aroma tipis rempah yang dihasikan. Sebagian besar kopi Jawa melalui proses giling basah sehingga cita rasanya tidak terlalu kuat. Kopi Jawa tetap diminati salah satunya karena tidak semua kopi Nusantara mampu menghasikan kopi yang beraroma rempah.

Kopi Papua Wamena

Kopi Nusantara dari wilayah Timur Indonesia ini tumbuh pada ketinggian 1.500 m dengan suhu 20 derajat. memiliki cita rasa ringan dan keharuman tajam serta nikmat. Kopi Papua Wamena memiliki tingkat keasaman yang rendah, mungkin karena letak geografisnya dan juga struktur tanah tempat kopi tumbuh.

Kopi nusantara yang satu ini berkualitas tinggi karena para petani menanamnya secara organik tanpa bahan-bahan kimia. Bagi Anda yang menyukai kopi dengan cita rasa ringan dan lembut, aroma tajam dan nikmat serta tekstur yang nyaris tanpa ampas, kopi Papua Wamena pilihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up