Kopi Sidikalang Salah Satu Kopi Terbaik Di Dunia

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang adalah kopi yang berasal dari sebuah daerah kabupaten yang ibukotanya Sidikalang, maka kopi dari sana sering disebut sebagai Kopi Sidikalang. Daerah ini dikenal dengan nama Kabupaten Dairi yang letaknya di bagian barat provonsi Sumatera Utara. Kota Sidikalang berada di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 1400 meter dari permukaan laut yang berjarak sekitar 152 km dari kota Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Kopi SidikalangBerada di dataran tinggi daerah di sekitar kota Sidikalang menjadi area yang bagus buat tanaman kopi karena dengan ketinggian demikian tanaman kopi bisa menghasilkan produksi biji kopi dengan kualitas paling bagus. Kopi Sidikalang memang sejak dahulu sudah terkenal sebagai jenis kopi yang memiliki kualitas biji yang bagus dan dikenal hingga ke berbagai mancanegara. Kopi dari daerah ini terkenal dengan aroma dan memiliki rasa yang khas yang dipuji oleh pecinta kopi sebagai salah satu sumber kopi terbaik di dunia.

Bahkan di Indonesia sendiri biji kopi Sidikalang sudah sangat dikenal juga sebagai biji kopi yang terjamin kualitasnya sehingga memiliki harga yang tinggi di pasaran, bahkan kopi Sidikalang pernah dinobatkan menjadi kopi resmi Sidang umum MPR pada tahun 90’an. Tentunya dipilih menjadi kopi khusus karena kualitasnya yang tinggi dengan aroma dan rasa yang sangat nikmat.

 

Kopi Sidikalang terkenal di dunia sebagai salah satu kopi terbaik di dunia yang enak dengan aroma yang khas.

 

Pertanian kopi di daerah sekitar Sidikalang sudah termasuk berkembang sangat lama bahkan sudah puluhan tahun. Petani kopi disini menanam pohon-pohon kopi di perkebunan milik petani sudah sejak lama, bahkan sudah sejak zaman Belanda dan kopi merupakan salah satu komoditi pertanian yang menjadi andalan masyarakat di daerah ini sebagai mata pencaharian dan penopang ekonomi masyarakat di sekitar Sidikalang.

Tanaman kopi di dunia memiliki berbagai macam varietas yang jumlahnya kemungkinan berjumlah ratusan, namun kemungkinan sudah banyak yang sudah hilang karena tidak dibudidayakan. Dalam dunia pertanian kopi khususnya di Indonesia ada beberapa jenis kopi yang dibudidayakan oleh petani kopi antara lain adalah jenis Arabika, Robusta, Liberika dan Exelca dimana ketiganya memiliki varietas masing-masing yang jumlahnya lumayan banyak. Di Sidikalang umumnya yang ditanam adalah kopi Arabika yang menjadi kopi terbaiknya.

Kopi Terbaik Di Dunia

Kopi Sidikalang adalah salah salah satu yang dinobatkan menjadi biji kopi terbaik di dunia karena memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Biji kopi Sidikalang berasala dari tanaman kopi dengan bibit unggul yang ditanam di daerah ketinggian karena pertanian kopi di kawasan ini memiliki ketinggian antara 1300 hingga 1800 meter di atas permukaan laut. Dengan hawanya yang dingin dan tanahnya yang merupakan bagian dari sisa aktivitas gunung api Toba yang pernah meletus sangat dahsyat pada zaman dahulu kemungkinan mengandung atau kaya akan mineral-mineral yang membuat tumbuhan kopi di sini menghasilkan biji kopi dengan kualitas sangat bagus.

Perkembangan pertanian kopi di Sidikalang mulai tertinggal dibanding daerah lain penghasil kopi seperti kopi Gayo, Kopi Mandailing, Kopi Lintong dan Kopi Simalungun yang mulai berkembang dan bertambah luas dan juga menghasilkan biji kopi yang kualitasnya juga bagus-bagus. Namun keberadaan kopi Sidikalang masih memiliki penilaian yang sulit ditandingi sebagaisalah satu kopi terbaik di dunia di samping biji kopi Brazil.

Peningkatan Nilai Kopi Sidikalang

Para petani kopi di Sidikalang sudah saatnya harus mulai meningkatkan kembali nilai biji kopi Sidikalang agar pamor sebagai Kopi terbaik di dunia tidak hilang. Perlu peningkatan baik dari sisi kualitas dan kuantitas agar biji kopi dari daerah ini bisa tetap bersaing dengan biji kopi yang datang dari berbagai daerah lain di Indonesia. Memang Indonesia memiliki daerah penghasil biji kopi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Masing-masing biji kopi yang dihasilkan memiliki rasa dan aroma yang khas.

Untuk peningkatan nilai kopi maka para petani kopi perlu melakukan inovasi mulai dari pengolahan kebun, penanaman, pemilihan bibit unggul dan terbaik, kegiatan panen yang baik, serta melakukan pengolahan biji kopi yang mempertahankan kualitas kopi pada saat proses pengolahan sehingga akhirnya dihasilkan biji kopi yang paling baik dan dengan demikian harganya juga akan dijamin tinggi nilainya. Dengan demikian predikat Kopi Sidikalang sebagai biji kopi terbaik di dunia tetap dipertahankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up