Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang Yang Terkenal

posted in: Nature | 0

Kopi Sidikalang adalah salah satu komoditas yang sejak lama sudah dikenal di belahan dunia. Bahkan kopi dari daerah ini pernah menjadi kopi terbaik di dunia setelah kopi Brazil karena memiliki citra rasa dengan kualitas yang sangat tinggi. Aroma kopi dari Sidikalang ini sempat menyebar ke seluruh dunia dan kopi Sidikalang pada saat itu sangat dicari penggemar kopi dari berbagai negara Eropa.

Bagi penggemar kopi saat ini mungkin kurang mendengar nama kopi Sidikalang karena aroma kopi Sidikalang sudah memulai memudar seiring dengan waktu. Dimanakah asala kopi Sidikalang. Sidikalang adalah nama kota Kabupaten Dairi, yakni wilayah yang berada di nagian Barat Sumatera Utara, daerahnya berbatasan dengan Aceh Selatan di Bagian Barat, berbatasan dengan Kabupaten Tanah Karo di bagian Timur, berbatasan dengan Kabupaten Pakpak Bharat di bagian Barat. Kabupaten Pakpak Bharat adalah kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Dairi.

Daerah Sidikalang dan sekitarnya berada di jalur Bukit Barisan sehingga wilayahnya umumya berupa dataran tinggi. Di kabuoaten ini terdapat dua jenis tanaman kopi yang dibudidayakan yakni jenis kopi arabika dan kopi robusta. Perkebunan kopi Robusta luasnya hamper tujuh ribu hektar sedangkan kopi Arabika luasnya kurang dari enam ribu hektar. Produksi kopi pertahunnya skitar dua ribu enam ratus ton.

Belakangan ini produksi kopi dari daerah Sidikalang semakin menurun karena kebun kopi semakin ditinggalkan para petani di daerah ini. Karena banyak petani yang merasa harga jual kopi semakin tidak menarik sehingga beberapa petani mulai beralih ke pertanian komoditi lainnya. Banyak kebun kopi yang dirubah dengan menanam tanaman lain.

Namun aroma kopi Sidikalang tetap memiliki keunggulan sendiri sehingga tetap menjadi salah satu penghasil kopi di Sumatera Utara selain Lintongnihuta dan Mandailing. Selain namanya sudah pernah mendunia, kopi yang dihasilkan di daerah ini memang memiliki aroma dan rasa yang khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Dengan lokasi perkebunan kopi yang berada di dataran tinggi dan tanahnya yang memiliki kesuburan yang unik karena dataran tinggi di kawasan ini berada di dekat Danau Toba sehingga tanahnya terbentuk dari batuan hasil letusan gunung Toba yang merupakan letusan gunung api yang paling dahsyat sepanjang masa.

Khususnya kopi Arabika yang terbaik adalah kopi yang ditanam didataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 1400 meter memiliki rasa yang istimewa dihasilkan dari daerah Sidikalang. Dengan udaranya yang sejuk dan kondisi curah hujan yang sangat cocok untuk tanaman kopi, maka daerah ini menghasilkan kopi yang kualitasnya tinggi sehingga digemari para pemburu kopi.

Perkembangan pertanian saat ini jua mulai meningkat lagi karena nilai jual kopi kembali bergairah seiring dengan semakin banyaknya penggemar minum kopi dan semakin menjamurnya kedai-kedi kopi atau café di berbagai kota di Indonesia bahkan di seluruh belahan dunia. Dan salah satu jenis kopi yang sangat digemari adalah kopi Sidikalang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *