Kopi

Kopi

posted in: Kopi, Minuman Kopi | 0

Kopi adalah salah satu minuman favorit yang sangat diminati karena rasanya enak tidak mengandung alkohol dan dapat sebagai obat dalam takaran tertentu, penggunaan kopi sebagai minuman sejak lama baik di budaya India, Cina dan Arab. Karena sangat diminati kopi menjadi salah satu komoditi yang diperdagangkan secara internasional.

Kopi sebagai minuman memiliki fungsi buat kesehatan tubuh manusia jika diminum dengan takaran tertentu dan tidak berlebihan karena di dalam kopi terkandung kafein, protein, mineral dan kandungan lainnya. Dengan kandungan yang ada di dalamnya minuman kopi memiliki citrarasa dan aroma yang khas yang nikmatnya dirasakan oleh yang meminumnya.

Banyak istilah terkait dengan minuman kopi seperti kopi pagi, minum kopi, ngopi-ngopi, yuk ngopi, ngopi dulu, ngopi sore, dan masih banyak lagi. Banyak kegiatan yang dikaitkan dengan minum kopi dan menjadi tradisi bukan hanya di Indonesia termasuk di berbagai belahan dunia.

Dengan banyaknya peminat minuman ini maka perdagangan komoditi juga semakin besar dan berkembang. Beberapa negara yang memiliki iklim yang cocok menjadi produsen biji buat kebutuhan seluruh dunia. Indonesia adalah salah satu penghasil utama  dunia dan menempati urutan nomor empat produksi terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Colombia. Setelah Indonesia ada Ethipia, India, Meksiko dan negara lainnya.

Dewasa ini geliat penyuka kopi khususnya di Indonesia semakin terlihat dengan berkembangnya tempat-tempat untuk minum yang bertebaran mulai dari desa hingga kota-kota besar. Di desa terdapat warung atau kedai, namun di kota juga tidak mau ketinggalan untuk memenuhi kebutuhan peminat minuman ini berjamur tempat minum kopi dengan berbagai jenis. Mulai tempat ngopi sederhana hingga cafe mewah di mal-mal atau gedung perkantoran.

Kopi

Selain itu semakin banyak juga kegiatan yang berkaitan dengan kopi misalnya festival kopi, pertandingan barista, ada juga pemilihan Putri Kopi Indonesia dan kegiatan lainnya menjadi agenda kegiatan yang semakin menaikkan citra kopi sebagai minuman yang diminati kalangan luas.

Tentunya hal ini sangat berpengaruh positif bagi masyarakat Indonesia khususnya para petani kopi, yang akan meningkatkan gairah pertanian kopi karena kebutuhan kopi akan semakin tinggi. Petani-petani kopi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia akan menjadi semakin giat mengembangkan pertanian mereka yang tersebar di beberapa lokasi seperti dataran tinggi Gayo, dataran tinggi Kawasan  Danau Toba, daerah Bondowoso, Tanah Toraja, Manggarai dan daerah lainnya.

Indonesia yang terdiri dari beribu pulau memiliki keistimewaan karena setiap daerah-daerah lokasi tanamnnya memiliki aroma dan citra rasa masing-masing yang berbeda-beda. hal ini menyebabkan Indonesia memiliki kekayaan alam dengan beragamnya aroma dan jenis kopi yang dihasilkan oleh petani-petani kopi. Biji kopi nusantara menjadi sumber gerai-gerai kopi bukan saja di dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri.

Aroma dan wangi kopi Indonesia bak harmoni dari sebuah simfoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *