Manfaat Akar Wangi Bagi Kesehatan Tubuh Yang Luar Biasa

Manfaat Akar wangi bagi kesehatan tubuh sangat laur biasa. Akar wangi adalah tumbuhan jenis rumput yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Penamaan tumbuhan ini karena tumbuhan ini memiliki akar yang berbau wangi, merupakan tumbuhan yang termasuk dalam keluarga dengan rumput-rumputan dan satu jenis dengan tanaman padi dan juga tanaman serai. Tanaman yang berasal dari India ini dapat tumbuh sepanjang tahun dan tumbuhnya bisa mencapai satu meter. Karena memiliki akar yang wangi sejak zaman dahulu akar ini sudah dipergunakan sebagai bahan wangi-wangian.

Selain sebagai bahan wangi-wangian tanaman ini dapat juga digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan dengan bahan herbal karena kandungannya. Akar tumbuhan ini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan manusia dan sudah lama digunakan dalam pengobatan alami. Selain itu tanaman ini juga sering dimanfaatkan untuk memperkokoh pematang sawah karena sifat akarnya yang sangat kuat.

 

Manfaat Akar Wangi Untuk Kesehatan dan Penggunaannya Dalam keseharian

Sebagai Pengharum Alami

Akarnya yang menghasilkan wangi membuat akar wangi digunakan sebagai bahan pewangi juga digunakan sebagai bahan parfum karena kandungan minyak esensial yang sangat berguna dalam industri kosmetik untuk menghasilkan produk parfum, sabun dan bedak. Aromanya tercium seperti wangi kayu cendana.

 

Mengatasi Penyakit Rematik

Penyakit asam urat atau rematik yang bisanya diderita oleh orang yang berusia lanjut baik pada pria maupun wanita. Tanaman ini dapat membantu mengatasi rasa sakit pada saat penyakit rematik kambuh dengan jalan menggosokkan akar wangi pada bagian yang sakit hingga rasa sakitnya berkurang.

 

Penyakit encok dan pegal linu

Kandungan akar wangi juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat penyakit encok sedang kambuh atau mengurangi pegal-pegal di badan.

 

Mempercepat Penyembuhan Luka.

Akar wangi yang ditumbuk dengan halus juga bisa digunakan untuk mengurangi pendarahan pada luka dan mempercepat penyembuh luka.

 

Obat Mengurangi Bengkak

Akar wangi juga bisa dipakai untuk mengurangi bengkak yang terjadi pada kulit yang terluka.

 

Obat Sakit Ginjal

Rebusan akar wangi juga bisa dibuat untuk memecahkan batu ginjal pada orang yang mengalami penyakit batu ginjal dengan cara meminum air rebusan akar wangi dua kali sehari.

 

Mengurangi Ketombe dan Menghilangkan Kutu Kepala

Akar wangi juga berguna untuk mengurangi kutu dan ketombe di kepala dengan cara menggosok akar wangi di bagian kepala pada saat hendak mandi.

 

Sebagai obat kumur dan penghilang bau mulut

Akar wangi yang diramu dengan beberapa jenis tanaman lainnya bisa digunakan untuk mengurangi bau mulut, caranya adalah dengan membuat ramuan campuran akar wangi, daun sirih, daun pegagan dan kapulaga. Hasil ramuan ini dapat dipergunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.

 

Sebagai Pengusir Serangga

Aroma tumbuhan ini juga dapat digunakan sebagai pengusir serangga dan pembasmi rayap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *