Manfaat Tanaman Serai

Manfaat tanaman serai cukup banyak baik untuk kesehatan maupun untuk keseharian manusia. Tanaman Serai adalah tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur dan juga dipakai sebagai bahan obat yang ditanam di pekarangan rumah. Bagian serai yang dipakai sebagai bumbu dapur adalah bagian batangnya. Tanaman ini memiliki bau yang khas dan sering digunakan sebagai pengusir nyamuk.

Bentuk tanaman ini sekilas mirip dengan rumput tetapi ukuran yang lebih besar dengan tekstur daun yang lebih kasar dan tajam pada bagian samping daun. Batangnya berwarna putih dengan struktur yang tidak terlalu keras. Bagian  batang ini yang sering digunakan bahkan dimanfaatkan juga untuk mendapatkan minyak atsiri.

Manfaat Tanaman Serai

Manfaat Tanaman Serai sangat banyak beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengatasi diabeter, mengkonsumsi minuman teh dari serai secara teratur membantu pancreas untuk menghasilkan insulin yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula.

Mengatasi Anemia, kandungan zat besi dalam serai akan membantu anemia

Mengobati masuk angin dan perut kembung, dengan meminum the serai dicampur dengan gula merah

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh, karena kandungan dalam batang serai mampu meneteralisir racun maka sering dipakai sebegai media detoksifikasi

Anti kanker, batang serai mengandung senyawa citral mampu membunuh sel abnormal tetapi tidak merusak sel sehat dalam tubuh

Mengatasi bakteri dan jamur, khususnya jamur penyakit kulit karena kandungan dalam batang serai yang bersifat antiseptic, caranya menggosok serai pada bagian yang berjamur

Menurunkan kolesterol jahat, anti kolesterol yang ada dalam batang serai akan menghalangi penyerapan kolesterol pada dinding usus besar sehingga kandungan kolesterol dalam darah dapat dipertahankan.

Menurunkan tekanan darah, dengan mengolah jadi teh, kandungan potassium dalam batang serai bermanfaat memicu proses diuresis yaitu proses penurunan tekanan darah dengan mengeluarkan natrium lewat urin.

Menjaga kesehatan pencernaan, batang serai mengandung zat anti mikroba yang penting untuk melawan dan membunuh bakteri dan parasite sehingga masalah pencernaan bisa dicegah seperti mual, kembung, diare, sembelit, dll.

Mencegah Obesitas, kandungan zat dalam batang serai berkhasiat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, Caranya adalah dengan meminum rebusan batang serai setiap hari.

Mencegah bau badan, serai digunakan dalam pembuatan deodorant untuk melawan bau badan

Untuk Kulit dan Rambut, kandungan vitamin A dan C dalam batang serai bermanfaat menutrisi kulit dan rambut.

Itulah beberapa manfaat tanaman serai bagi kesehatan tubuh manusia.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *