Minyak Atsiri

Minyak Atsiri

posted in: Nature | 0

Minyak essensial sudah digunakan manusia sejak ribuan tahun lalu, bahkan sejak 3500 SM bangsa Mesir sudah memproduksinya. Benda ini banyak dipergunakan sebagai bahan arometerapi, selain itu digunakan dalam kegiatan keagamaan atau sebagai bahan pengobatan untuk penyembuhan. Selain itu Bangsa Cina dan India juga diketahui menggunakan berbagai macam minyak esensial sebagai bahan minyak pijat dalam perawatan kesehatan badan. Dan penggunaan minyak tersebut sudah semakin luas di berbagai tempat di seluruh dunia.

Selai itu penggunaan minyak esensial telah meluas ke berbagai pemanfaatan dan penggunaan yang lebih luas. Selain terkenal dengan manfaat kesehatannya, minyak esensial banyak digunakan sebagai bahan utamayang memberikan rasa dan aroma. Minyak esensial memiliki manfaat dan kegunaan dalam kosmetik, wewangian, aromaterapi, perawatan pribadi, dan penggunaan umum di rumah tangga, sebagai bahan pembersih dan peralatan mandi.

Minyak esensial atau lebih dikenal sebagai minyak atsiri, seperti namanya, adalah cairan hidrofobik terkonsentrasi yang mengandung senyawa aromatik volatil, yang diekstrak dari tumbuhan alami. Bagian tumbuhan yang digunakan untuk memproduksi minyak esensial bervariasi, dari akar, rimpang, kulit kayu atau tunas, yang diproses secara khusussesuai dengan jenis tanaman yang digunakan.

Metode ekstraksi yang umum digunakan adalah dengan ekstraksi distilasi atau pelarut. Dibutuhkan bahan tanaman dalam jumlah yang besar yang digunakan untuk mengekstrak minyak, karena umumnya tanaman memiliki hasil minyak yang sangat rendah yang terkandung dalam sel minyak khusus mereka.

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam dan merupakan sebagai salah satu produsen minyak esensial terbesar di dunia, sudah sejak lama memproduksi minyak esensial utama untuk pasar dunia. Beberapa bahan alami yang banyak dihasilkan si Indonesia antara lain adalah: serai, pala, jahe, dan kenanga. Dan juga semakin banyak tanaman atau tumbuhan asli Indonesia telah dipelajari sifat dan manfaatnya. Dan banyak minyak yang semakin diketahui manfaatnya dan juga semakin luas penggunaannya. Di antaranya adalah: nilam, jeruk purut, cendana, minyak kayu putih, kenanga, cengkeh, dan lengkuas.

Minyak atsiri yang dihasilkan dari berbagai tumbuhan di Indonesia memiliki mutu dan kemurnian yang tinggi dan sangat diminati oleh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *