Mutu dan Karakter Kopi

Karakter Kopi

Untuk mendapatkan minuman kopi yang enak didapat dari biji kopi yang bermutu dan memiliki karakter. Apakah mutu dan karakter kopi? Mutu dari kopi yang digunakan untuk mendapatkan kopi yang enak adalah biji kopi atau grean been yang baik atau bernilai grade 1. Bagaimana menentukan biji kopi yang memiliki grade 1.

Karakter Kopi
Asal Biji Menentukan Karakter Kopi

Untuk mendapatkan biji kopi dengan grade 1 adalah dari biji kopi yang ditanam dari bibit unggul dan ditanam di lokasi yang cocok, masa panennya harus sama dan tidak dicampur dengan biji kopi dari yang lain. Biji kopi yang berasal dari satu daerah disebut dengan singgle origin.

Sementar karakter kopi adalah sifat-sifat kopi yang muncul sesuai dengan lokasi penanamannya atau lokasi asalnya. Masing-masing daerah akan menghasilkan kopi dengan karakter yang berbeda-beda. Karakter kopi diketahui dengan melalui sifatnya yang menonjol misalnya gameynya atau sweet, body, acidity atau bitter.

Kopi Arabika Jawa Timur memiliki karakter body yang kuat, body atau tekstur dari larutan kopi di dalam mulut dapat diklasifikasikan ringan atau berat. Sementara Kopi Toraja memiliki karakter di acidity yang kuat, ketajaman rasanya menunjukkan lokasi penanamannya berada di daerah yang tinggi elevasinya. Sementara Kopi Bali memiliki bitter yang menonjol. Bitter adalah sensasi rasa yang dirasakan di lidah bagian belakang dan langit-langit bagian mulut.

Karakter kopi timbul dari unsur hara yang diserap oleh akar tanaman dan udara, matahari, air dan tiupan angin yang menyentuh batang dan daun kopi di tempat dimana kopi tumbuh.

Karakter Kopi Arabika Gayo memiliki sweet yang menonjol, karakter ini menunjukkan sensai kopi yang nikmat dan enak di lidah. Biasanya karakter ini dijumpai pada kopi dengan rasa asam yang tinggi. Dan Karakter kopi dari Kawasan Danau Toba memiliki gamey yang menonjol, dimana falvour yang terasa sangat luar biasa dan banyak disukai.

Setiap daerah Indonesia memiliki karakter yang berbeda-besa dengan mutu dan karakter masing-masing. menjadi sebuah keunggulan juga bagi peracik kopi untuk mencampur dari biji kopi yang berbeda untuk menghasilkan campuran atau blend dengan citra rasa yang unik dan membuat kopi semakin enak.

Namun untuk untuk meracik kopi campuran ini diperlukan pengenalan karakter kopi yang baik dan sangat khas yang membedakan racikan seorang barista dengan racikan barista lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up