Pecinta Kopi Harus Hati-Hati! Ini 4 Efek Samping Konsumsi Kopi Berlebihan
Info Kopi

Pecinta Kopi Harus Hati-Hati! Ini 4 Efek Samping Konsumsi Kopi Berlebihan

Kopi salah satu minuman andalan yang sudah tak asing lagi berada di keseharian kita. Terkadang minuman satu ini jadi minuman wajib yang harus ada di rumah.

Karena penggemar kopi yang luar biasa kopi saat ini juga tak hanya sebagai sajian minuman istimewa para pecintanya tapi juga jadi sebuah gaya hidup tersendiri. Saat ini pun banyak sekali bermunculan berbagai coffee shop yang menjamur dan menawarkan berbagai racikan kopi yang istimewa.

Untuk para kopi addict sudah pasti kebutuhan minuman ini tak bisa dilepaskan dalam keseharianmu. Tapi, tunggu dulu mengkonsumsi kopi juga harus diatur sebaik mungkin ya Ladies. Ini karena kopi yang memiliki manfaat ternyata juga terdapat efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Nah apa saja efek samping mengkonsumsi kopi secara berlebihan? Simak di bawah ini ya.

Insomnia

Efek samping kopi buat insomnia/freepik.com© Disediakan oleh Beautynesia Efek samping kopi buat insomnia/freepik.comInsomnia/Freepik.com

Lembur ngerjain tugas atau kerjaan sudah pasti akan membuatmu harus berjaga bahkan hingga larut malam. Untuk mencegah kantuk luar biasa beberapa orang memilih membuat kopi agar tetap terjaga. Tahukah kamu jika kamu berlebihan mengkonsumsi kafein khususnya pada kopi ternyata justru malah membuatmu insomnia dan membuat tidur tidak nyenyak.

Jantung Berdebar-Debar

Efek samping kopi yaitu jantung berdebar-debar/freepik.com© Disediakan oleh Beautynesia Efek samping kopi yaitu jantung berdebar-debar/freepik.comJantung berdebar-debar/freepik.com

Konsumsi kopi berlebihan juga dapat menyebabkan denyut jantung jadi cepat. Jika kamu setelah mengkonsumsi kopi denyut jantung lebih cepat dan cukup berdebar-debar kamu bisa mengurangi asupan kopi kamu ya.

Gangguan Pencernaan

Efek samping kopi yaitu gangguan pencernaan/freepik.com© Disediakan oleh Beautynesia Efek samping kopi yaitu gangguan pencernaan/freepik.comGangguan Pencernaan/freepik.com

Minum kopi yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut hingga diare. Ini karena senyawa tertentu pada kopi dapat merangsang sekresi asam lambung di perut. Kopi juga bersifat sebagai pencahar yang mana jika kamu berlebihan dalam mengkonsumsinya dikhawatirkan akan menimbulkan diare.

Diabetes

Efek samping kopi yaitu diabetes/freepik.com© Disediakan oleh Beautynesia Efek samping kopi yaitu diabetes/freepik.comDiabetes/freepik.com

Hati-hati ya jangan sampai mengkonsumsi kopi secara berlebihan, ini karena kandungan kafein dapat memicu naiknya gula darah dan tingkat insulin. Segelas kopi saja dapat mengandung 100mg kafein yang dapat memberikan dampak buruk pada gula darah dalam tubuh.

Nah Ladies, jika kamu salah satu penggemar kopi coba mulai saat ini untuk mengatur jatah konsumsi kopi harian mu ya agar kesehatanmu pun tetap terjaga.

sumber: beautynesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *