• Keindahan Kebun teh
  • Hamparan hijau tanaman teh
  • Kebun Teh
  • Pucuk Daun Teh
  • Pemandangan Indah Kebun Teh
  • Petani sedang memetik Kebun Teh

Perkebunan Teh Bah Butong Sidamanik

posted in: Nature | 0

Sebuah perkebunan the yang sangat luas terdapat di daerah Kabupaten Simalungun tepatnya di kecamatan Sidamanik, sehingga perkebunan the ini sering disebut dengan Kebun Teh Sidamanik. Perkebunan teh Sidamanik ini merupakan kawasan perkebunan yang dimiliki oleh PTPN – IV Medan dengan luas perkebunan mencapai 8.373 hektar. Perkebunan teh ini sudah ada sejak zaman Belanda, maka perkebunan ini merupakan perkebunan teh yang tertua di Pulau Sumatera.

Untuk menuju lokasi kebun teh ini bisa dicapai dengan kenderaan roda empat dari kota Medan dengan menempuh perjalanan dua hingga tiga jam ke kota Siantar, ibukota kabupaten Simalungun. Dari kota Siantar perjalanan dilanjutkan menempuh jarak sekitar 16 kilometer hingga tiba di kawasan perkebunan teh Bah Butong  Sidamanik.

Perkebunan ini berada di daerah dengan ketinggian lebih dari 900 meter dari permukaan laut dan lokasinya sangat cocok untuk menanam jenis the hitam. The hitam yang terkenal adalah Kebun Teh Bah Butong yang merupakan penghasil teh hitam terbesar nomor dua di Indonesia. Penamaan Kebun Teh Bah Butong karena lokasi kebun teh ini berdekatan dengan sebuah sungai yang bernama Bah Butong. Dalam bahasa Simalungun Bah artinya Sungai.

Sejarahnya perkebunan the di kawasan SSimalungun ini cukup banyak, ada enam perkebunan yang pernah ada di sana. Perkebunan teh yang pernah ada disana adalah Perkebunan Teh Bah Butong, Perkebunan Teh Toba Sari, Perkebunan Teh Sidamanik, Perkebunan Teh Sibosar, Perkebunan Teh Birung Ulu dan Perkebunan Teh Marjandi. Penamaan kebun the tersebut adalah berdasarkan nama kecamatan lokasinya.

Perkebunan the Sidamanik lebih banyak dikenal orang karena sering dikunjungi sebagai tempat wisata bagi yang ingin menikmati wisata alam. Pengunjung bisa menikmati sejuknya udara di kebun teh dan menikmati pemandangan hamparan daun-daun the yang hijau. Susunan tanaman yang tertata rapi membuat pemandangan sangat menarik.

Kebun Teh Sidamanik merupakan perkebunan teh yang paling luas di Pulau Sumatera dan seperti sudah disebut tadi di atas, kebun teh ini sudah ada sejak masa pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia. Perkebunan teh yang sudah berumur ratusan tahun ini menghasilkan pucuk teh terbaik. Tanaman teh adalah tanaman yang memiliki usia panjang dan tetap bisa produktiv jika dirawat dengan baik. Perawatan yang perlu dilakukan adalah penyemprotan dan pemetikan yang teratur dan tepat.

.ntuk menghasilkan teh yang terbaik maka daun teh harus dipetik dengan tepat dan biasanya dilakukan oleh petani pemeti daun yang sudah pengalaman agar tidak merusak batangnaya. Dan kebun the juga secara rutin diremajakan agar tetap tumbuh dan berkembang dengan baik dan tumbuh tidak terlalu tinggi.

Areal Perkebunan Teh Bah Butong ini memiliki tanah dengan kontur berbukit-bukit dan tanaman the ditanam secara teratur dengan diberi jalur untuk menjadi jalan bagi para petani melakukan perawatan dan pemetikan. Pemandangan yang dibentuk kebun teh menjadi sangat menarik maka lokasi ini sering didatangi juga para pelancong yang ingin menikmati keindahannya.

Leave a Reply