• Kebun Teh Di Bandung
  • Minuman Teh. Sumber Hello Sehat
  • Kebun Teh di Jawa Timur
  • Perkebunan Teh di Gunung Dempo

Perkebunan Teh Indonesia

posted in: Nature | 0

Selain kopi Indonesia juga merupakan penghasil teh yang berkualitas baik. Perkebunan teh di Indonesia cukup menyebar di berbagai tempat seperti di Sumatera Utara, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perkebunan the terdapat juga di Sumatera Selatan dan Bangka.

Belanda mewariskan kebun-kebun teh yang baik di Indonesia yang menghasilkan produk yang bagus seperti perkebunan teh di Malabar yang ada di Provinsi Jawa Barat dan ada juga perkebunan teh Pagilaran di Provinsi Jawa Tengah.

Umumnya ciri dan karakter teh yang dihasilkan di kawasan Indonesia hampir mirip namun ada beberapa daerah penghasil the yang memiliki karakter yang cukup unik.Beberapa daerah yang memiliki the dengan karakter yang kuat adalah seperti teh yang dihasilkan di Pulau Bangka, di Jawa Barat dan Sumatera Utara.

Sumatera Utara menghasilkan teh dari perkebunan yang masih bertahan di Simalungun salah satu yang terkenal adalah the Bah Butong, ciri khasnya adalah memiliki after taste yang spicy. Di Jawa Barat teh yang terkenal dihasilkan di daerah Malabar dengan produk the yang memiliki karakter floral dan fruity. Teh dari daerah Malabar cukup terkenal karena perkebunan ini adalah yang tertua di Indonesia. Sejak zaman belanda dari daerah ini produksinya telah dieksport ke Eropa. Teh hijau yang dihasilkan di Pulau Bangka juga cukup terkenal dan memiliki karakter kuat.

Namun sayangnya produksi the yang dari Indonesia kebanyakan digunakan sebagai the campuran saja. Jarang teh produksi Indonesia menjadi produk yang berdiri sendiri atau single origin seperti hasil kopi Indonesia yang sudah terkenal dengan produk Indonesia ke berbagai belahan dunia.

Perkebunan the Indonesia memiliki potensi untuk menghasilkan teh asli Indonesia yang khas dengan karakter khusus jika dikembangkan dengan baik perkebunannya dan dilakukan pemilihan bibit untuk ditanam sesuai dengan geografi lokasi perkebunan untuk mendapatkah teh yang istimewa. Perkebunan-perkenunan teh yang tersebar di beberapa tempat di Indonesia pasti bisa menghasilkan teh dengan karakter geografi masing-masing karena tiap-tiap lokasi perkebunan memiliki karakter tanah masing-masing yang berbeda.

Teh Indonesia merupakan salah satu hasil alam Indonesia yang sudah ratusan tahun dibudidayakan di kawasan perkebunan-perkebunan teh yang kondisinya sangat cocok untuk berkembangnya tanaman teh.

Leave a Reply