Andaliman Sihaporas

  • andaliman

Place Category: NaturePlace Tags: Andaliman and Pertanian

Profile
Profile
Photos
Map
Reviews
Related Listing
  • Buah adaliman muncul dari antara duri-duri itu, lazimnya diapit duri-duri, buah tumbuh di antara duri. Andaliman adalah salah satu tanaman/komoditas unggulan dari desa kami di Sihaporas, Kecamatan Pematang Sidamanik, Sumut, sekitar 8 km dari Prapat ke arah Siantar.

    Kalau masih muda, buah berwarna hijau, dan matang berwarna merah. Dan kalau kering, hitam. Buah andaliman yang baru dipetik sebaiknya dibungkus daun pisang, sebab kalu dibuarkan terbuka, akan cepat rusak. Buahnya langsung berubah hitam, dan pecah-pecah. Biji keluar dari kulit.

    Menghasilkan satu kg kilogram andaliman sangat sulit. Pengalaman saya sewaktu di Bona Pasogit (kampung halaman), memanen satu pohon besar dan berbuah lebat, butuh setengah hari.

    Memanen andaliman buah perdana biasanya lebih mudah, karena tangkainya lebih panjang-panjang, sehingga lebih mudah memetik. tapi hati-hati, karena duri juga biasanya masih runcing-runcing. salah satu petani yang hebat memetik andaliman. Sehebat-hebatnya dia, panena maksimal sekitar 10-20 kg dalam sehari.

    Setiap memetik andaliman, tidak ada jaminan tangan tidak tertancap duri. Sekali kena, getir, perih dan nyeri luar biasa. Tidak saja sakit karena terluka, tapi karena terkenal getirnya rasa andaliman, lebih-lebih dari luka kena cuka.

  • No Records Found

    Sorry, no records were found. Please adjust your search criteria and try again.

    Google Map Not Loaded

    Sorry, unable to load Google Maps API.

  • Leave a Review

    Your email address will not be published. Required fields are marked *