pohon kemiri

Pohon Kemiri dan Manfaatnya

posted in: Nature | 0

Pohon Kemiri  dalam bahasa Latin disebut Aleurites moluccana merupakan jenis tumbuhan yang biasanya dimanfaatkan bagian bijinya sebagai sumber minyak. Tumbuhan ini masuk dalam suku suku Euphorbiaceae dan masih sekerabat dengan singkong. Dalam perdagangan internasional dikenal sebagai candleberry atau candlenut.

pohon kemiri

Tanaman kemiri berbentuk pohon besar yang bisa mencapai 40 meter tinggi pohonnya dan gemang hingga 1,5 m. Dilihat dari kejauhan tajuk pohon ini terlihat berwarna keputihan atau keperakan. Penyebaran tumbuhan ini menyebar luas mulai dari Nusantara hingga India dan Cina, juga di kawasan Asia Tenggara, hingga Selandia Baru dan Polinesia.

Di Indonesia pohon ini tersebar hampir diseluruh pelosok tanah air dan dikenal dengan banyak nama sesuai dengan daerahnya. Di antaranya, kembiri, gambiri, hambiri  dalam Bahasa Batak; kemili dalam Bahasa Gayo; kemiling di daerah Lampung; buah kareh  atau buah keras dalam Bahasa Minangkabau dan  Nias; kaminting  dalam bahasa Banjar dan Dayak. Dalam Bahasa Jawa disebut dèrèkan, pidekan, miri ; kamèrè, komèrè, mèrè  dalam Bahasa Menado; kumbè di daerah Belitung dan lain-lain.

Manfaat Pohon Kemiri

Di dalam inti biji kemiri mengandung 60–66% minyak. Minyak kemiri mengandung asam oleostearat. Minyak yang mudah atau cepat mengering ini dapat digunakan untuk mengawetkan kayu, sebagai pernis atau cat, dapat juga dugunakan untuk melapis kertas agar anti-air. Selain itu kandungan kemiri juga digunakan sebagai bahan sabun, bahan campuran isolasi, pengganti karet, dan lain-lain. Minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai sebagai bahan bakar berkualitas lebih rendah . Kemiri juga berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat dari minyak yang diektrak dari biji kemiri.

Penanaman kemiri  kebanyakan hanya untuk memperoleh minyaknya yang didapat dari buahnya. Setiap pohon akan menghasilkan sekitar 30–80 kg buah kemiri yang mengandung 15 sampai 20% dari beratnya mengandungminyak yang didapat dengan cara mengekstrak.

Sementara penggunaan kayu pohon kemiri dapat digunakan untuk membuat furnitur, peralatan kecil, korek api, dan juga untuk pulp. Sebagai bahan untuk kayu bakar pohon ini bermutu rendah maka tidak banyak dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Di beberapa daerah seperti di Lombok, kayu kemiri juga diolah menjadi papan dan kerajinan tangan.

Dalam bidang medis, di Pulau Sumatera bijinya dibakar dengan arang, lalu dioleskan di sekitar pusar untuk menyembuhkan diare. Selain itu kemiri sering juga digunakan sebagai obat luka dengan mengoleskan minyak yang didapat dari biji kemiri yang dibakar. Minyak kemiri sering juga dibuat sebagai bahan sampo dan penyubur rambut yang dibuat dari bahan minyak kemiri.

Kemiri Di Dalam Masakan

Selain itu, pohon kemiri ditanam untuk diambil bagian bijinya yang umum digunakan dalam berbagaai masakan Indonesia. Pada masakan di Pulau Jawa, kemiri dijadikan sebagai saus kental yang dimakan dengan sayuran dan nasi. Dalam masakan Padang kemiri banyak dipakai sebagai bahan rempah-rempah.

Di dalam masyarakat Batak di Sumatera Utara, buah kemiri juga dimanfaatkan dalam berbagai macam masakan. Khususnya dalam membuat sambal khasnya, dicampur dengan andaliman, cabe, bawang merah dan bawang putih digiling menghasilkan sambal khas Batak yang rasanya enak dan nikmat.

Sangat banyak manfaat dari pohon kemiri ini, sehingga banyak tumbuh ditanam di kawasan Danau Toba, selain manfaat dari buahnya juga berguna untuk reboisasi sehingga menghindari terbentuknya erosi dan lahan kritis. Selain itu poon ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena banyak manfaat dari buahnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *