Tanaman Kaliandra  merupakan tanaman yang mudah tumbuh liar atau semak yang biasa kita temui di daerah sekitar kehutanan maupun lereng-lereng bukit. Berdasarkan klasifikasinya kaliandra termasuk kelompok plantae, family fabaceae yang lebih mudah tumbuh di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi hingga 1500 m dari permukaan laut. Tanaman Kaliandra memiliki keunggulan karena dapat tumbuh dengan baik pada musim kemarau walaupun pertumbuhannya tidak sebagus jika di tanam pada musim hujan. Lingkungan tumbuh tanaman kaliandra cukup banyak tetapi tanaman kaliandra tidak dapat tumbuh di daerah rawa. Dengan sifatnya yang mudah tumbuh maka tanamanini dapat digunakan sebagai penahan erosi tanah dan air, karena memiliki akar yang berbintil.

 

Manfaat Kaliandra

Tumbuhan Kaliandra memiliki sangat banyak jenisnya, kita banyak mengenai kaliandra bunga merah (Calliandra calothyrsus) dan kaliandra bunga putih (zapoteca) yang banyak digunakan sebagai tanaman penghijauan dan pakan ternak. Selain sebagai tanaman penghijauan tanaman ini juga memiliki kegunaan lain karena batang pohonnya terutama kaliandra bunga merah dapat digunakan sebagai penghasil energi sebagai bahan bakar alternatif pengganti batubara. Daun kaliandra banyak dijadikan sebagai pakan ternak untuk ternak ruminansia. Sebab kaliandra memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang bermanfaat bagi ternak, sehingga daun kaliandra digunakan juga sebagai pakan pengganti rumput untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak. Berikut adalah komposisi kandungan kaliandra sehingga tanaman kaliandra memiliki manfaat untuk berbagai kebutuhan.

Dengan sifatnya yang mudah tumbuh dan ketahanannya cukup tinggi maka tanaman ini sangat sesuai ditanam sebagai tanaman penghijauan di lahan kritis. Misalnya pada lahan lereng bukit atau bekas tambang. Kemampuan tanaman ini untuk tumbuh pada lahan kritis akan memudahkan kegiatan pengijauan karena tidak banyak jenis tanaman yang memiliki kemampuan yang demikian. Lahan kritis yang ditanami dengan tanaman Kaliandra kemungkinan akan lebih tinggi tingkat keberhasilan penghijauannya.

 

Leave a Reply