Rekomendasi Penginapan Saat Liburan ke Samosir
Tips Travel

Rekomendasi Penginapan Saat Liburan ke Samosir

Kabupaten Samosir di Provinsi Sumatera Utara memang punya pesonanya sendiri. Berkunjung ke sana, kamu bisa menikmati pesona bentang alam khas Samosir, lengkap dengan panorama Danau Toba yang luar biasa.

Saat liburan ke sana, kamu tak perlu mengkhawatirkan soal akomodasi. Samosir kini sudah punya banyak sekali pilihan penginapan.

“Sekarang hotel sudah merata di Samosir. Dulu kan hanya terkonsentrasi di Tuktuk. Kalau di sana sih tinggal milih. Tapi sekarang sudah mulai merata, ke arah Kecamatan Pangururan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan pada Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Baca juga: 

Di sana terdapat penginapan dari berbagai kelas. Ada cottageguest househomestay, hingga hotel berbintang. Kamu bisa memilih penginapan di Samosir yang sesuai dari segi keinginanmu dan juga bujet yang kamu miliki.

“Homestay kita sudah lumayan banyak. Sekarang sudah ada sentuhan dari PU Cipta Karya. Kurang lebih dari 300 homestay di Samosir sudah ada perlakuan atau penataan atau sentuhan dari PUPR,” jelas Dumosch.

Penginapan di Samosir, Sumatera Utara

Berikut ini rekomendasi penginapan saat liburan ke Kabupaten Samosir, Sumatera Utara:

1. Desa Wisata Bagot, Parlondut

Desa Wisata Bagot di Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan menawarkan fasilitas homestay untuk para wisatawan. Homestay di desa ini harganya cukup terjangkau, sekitar Rp 100.000–Rp 150.000 per orang atau per kamar.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan wisatawan kala menginap di sana adalah menjelajahi wisata Desa Parlondut, yakni wisata bagot, minuman tuak khas Samosir yang dibuat dari nira.

Baca juga: 

Desa ini memang menawarkan wisata kuliner dengan aneka sajian makanan dan minuman berbahan dasar nira serta makanan khas Samosir lainnya, seperti ayam napinadar. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp 5.000 per gelas untuk bagot.

2. Saulina Resort

Saulina Resort terletak di Jalan Aek Rangat, Pangururan. Letaknya tak jauh dari jembatan penyeberangan ke Pulau Samosir. Harga menginap di sana mulai dari Rp 300.000–Rp 600.000 per malam.

kamar di Saulina Resort di Pangururan, Samosir
kamar di Saulina Resort di Pangururan, Samosir

Saulina Resort cocok jadi tempat menginap jika kamu berlibur bersama keluarga. Tempatnya cukup nyaman dan fasilitasnya lengkap, mulai dari penyejuk ruangan, restoran, Wifi, sampai sarapan gratis. Kamu juga bisa menikmati pemandangan indah Danau Toba dari sana.

Baca juga: 

Tempat wisata yang terletak di sekitar penginapan adalah Aek Rangat Pangururan, Menara Pandang Tele, Geopark Kaldera Toba, Sianjur Mula-mula, dan Desa Wisata Bagot.

3. Hotel Dainang

Masih di Pangururan, ada Hotel Dainang yang terletak di Jalan Putri Lopian. Hotel ini punya fasilitas yang cukup lengkap. Ada restoran, room service, gratis sarapan, tempat parkir luas, Wifi, dan ramah anak. Harga menginap di sana sekitar Rp 200.000–Rp 450.000.

Tempat wisata yang ada di sekitarnya adalah Aek Rangat Pangururan, Geopark Kaldera Toba, Sianjur Mula-mula, dan Desa Wisata Bagot.

4. JTS Hotel

JTS Hotel terletak di Jalan Sosor Manik, Parbaba. Lokasi hotelnya tepat di pinggiran Danau Toba, sehingga kamu bisa dengan leluasa menikmati pemandangan indah sekaligus kawasan pantai pinggir danau yang cantik.

Hotel ini cocok dijadikan akomodasi saat liburan bersama keluarga karena fasilitasnya yang lengkap. Selain itu, letaknya yang dekat dengan pantai akan memudahkan kamu jika ingin bermain bersama anak-anak.

Pemandangan kamar di JTS Hotel yang menghadap ke pantai
Pemandangan kamar di JTS Hotel yang menghadap ke pantai

Ada beberapa jenis kamar yang tersedia di sana, di antaranya adalah Executive Beach Room, Executive Room, Deluxe Room, dan Superior Room. Fasilitas masing-masing kamar berbeda, tapi rata-rata tiap kamar memiliki penyejuk udara, air panas, dan televisi.

Baca juga: 

Khusus kamar Executive Beach Room memiliki pemandangan langsung ke pantai. Hotel ini juga memiliki fasilitas meeting room dan kafe serta restoran. Harga menginap di sana mulai dari Rp 450.000 per malam, tergantung jenis kamar yang dipilih.

Kamu bisa menjelajahi pantai-pantai indah Samosir yang terletak tak jauh dari penginapan. Seperti Pantai Pasir Putih Parbaba, Pantai Indah Situngkir, dan Pantai Batu Hoda.

5. Dumasari Hotel

Selanjutnya ada Dumasari Hotel yang terletak di Jalan Tuk Tuk Siadong, Simanindo. Harga menginap di sini cukup terjangkau, mulai dari Rp 350.000 untuk kamar tipe Ambasador. Fasilitasnya cukup lengkap. Ada restoran, room service, sarapan, tempat parkir, dan Wifi.

Kamar di Dumasari Hotel di Tuktuk
Kamar di Dumasari Hotel di Tuktuk

Terletak di Tuk Tuk, lokasi Dumasari Hotel tak jauh dari Pelabuhan Ambarita. Letaknya dekat dengan beberapa tempat wisata, seperti Batu Kursi Raja Siallagan, Bukit Beta Tuk-tuk, Patung Sigale-gale, Pasar Tomok, Makam Raja Sidabutar, dan Museum Batak.

6. Hotel Tuktuk Timbul

Masih di Tuk-tuk, ada pula Hotel Tuktuk Timbul. Letak hotel juga sangat dekat dengan Pelabuhan Ambarita. Akomodasi yang satu ini bertipe bungalow dengan harga yang terjangkau. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 250.000.

Hotel ini cocok untuk kamu yang ingin berlibur dan mencari akomodasi yang menawarkan ketenangan dengan pemandangan langsung ke Danau Toba yang cantik.

Hotel Tuktuk Timbul di Samosir
Hotel Tuktuk Timbul di Samosir

Bangunan bungalow-nya bergaya tradisional. Ada yang dibangun dari kayu, ada pula yang bergaya khas Batak Toba. Fasilitasnya cukup lengkap, ada restoran, kolam renang anak-anak, beranda, internet gratis, dan masih banyak lagi.

Tempat wisata yang terletak di sekitar hotel di antaranya adalah Batu Kursi Raja Siallagan, Makam Raja Sidabutar, Bukit Beta Tuk-tuk, Pasar Tomok, Patung Sigale-gale, dan Pantai Batu Hoda. 

Baca juga: 

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat menginap tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

sumber: kompas.com

ferryssn
Author: ferryssn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *