Rempah-rempah Sebagai Bumbu Pada Makanan

Berbagai macam rempah-rempah telah digunakan dalam makanan sejak lama bahkan sudah ratusan tahun. Penggunaan rempah tersebut telah berumur sudah sangat tua, bahkan sudah lebih dari 50.000 tahun lalu. Para Arkeolog percaya jika manusia purba yang hidup pada saat itu telah menemukan jika tumbuh-tumbuhan dengan bagian-bagiannya yang memberikan aromatik khusus jika digunakan pada makanan maka akan menyebabkan rasa dari makanan menjadi lebih enak. Pengetahuan ini menjadi warisan yang diturunkan secara turun temurun, dengan menggunakan rempah sebagai bumbu pada makanan menjadikan makanan menjadi makanan etnis dan eksotis.

 

Rempah-rempah memiliki aroma alami, warna, tekstur khusus dan rasa yang khas dari masing-masing jenis rempah. Di Indonesia memiliki berbagai ragam tanaman rempah yang tumbuh dengan baik, maka sejak berabad-abad rempah-rempah dari negeri ini telah sangat terkenal dan diburu oleh para pedagang. Hal ini terjadi juga pada zaman colonial.

 

Manfaat Andaliman Untuk Masakan Dan Kesehatan

 

Tanaman rempah yang dihasilkan di Indonesia merupakan hasil alam yang berkualitas baik dan memiliki manfaat yang beragam dan sangat diminati oleh berbagai kalangan di dunia. Oleh sebab itu sangat penting kita bisa mengetahui cara megolah rempah-rempah yang baik dan berkualitas tinggi. Hasil pertanian berupa rempah tersebut harus bisa dibuat menjadi produk bumbu misalnya menjadi tepung kering namun tetap mempertahankan aroma alami dari bahan dasarnya.

Nasi goreng dengan bumbu rempah-rempah
Nasi goreng dengan bumbu rempah-rempah

Pengolahan yang bagus akan menghasilkan bumbu olehan yang berkualitas baik, bersih dan mudah dalam melakukan pengiriman ke berbagai tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *