• Sangge-sangge

Sangge-sangge Bumbu Masakan Tradisional Batak

posted in: Kuliner, Nature | 0

 

Apakah Anda kenal dengan sangge-sangge itu? Mungkin Anda sudah akrab dengan sangge-sangge ini. Karena tanaman ini memiliki sangat banyak kegunaan dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sangge-sangge dikenal dalam masyarakat Batak atau dalam bahasa Indonesia dinamakan sebagai daun serai. Hampir setiap masakan khas Batak menggunakan bahan ini sebagai bahan penyedapnya.

Sangge-sangge adalah bumbu penyedap dalam kuliner tradisional Batak seperti masakan arsik, naniura, gulai ikan. Sangge-sangge ini cukup mudah didapatkan oleh ibu-ibu dipasar dan harganya juga cukup murah. Namun di dalam masakan sebagai bumbu sangge-sangge ini mmberi rasa dan aroma citrarasa yang sangat khas, sehingga jika tanpa sangge-sangge ini masakan khas batak akan terasa ada yang kurang. Jumlah sange-sangge dalam masak tidak boleh terlalu banyak karena akan membuat rasa masakan menjadi pahit.

Sangge-sangge adalah termasuk tanaman jenis rumput dengan daun yang tipis dengan bentuk bergerigi yang dapat melukai kulit jika tergores dengan daun sangge=sangge. Bagian yang digunakan dari sangge-sangge adalah bagian batangnya, sedangkan bagian daunnya akan dibuang. Bagian batangnyalah yang memiliki aroma yang khas.

Sangge-sangge atau tanaman serai memiliki banyak manfaat karena kandungan didalamnya. Ada beberapa manfaat sangge-sangge untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda baca di artikel Manfaat Tanaman Serai.

Karena sangat beragam manfaatnya tanaman sangge-sangge ini memiliki nilai ekonomi yang sangat potensial untuk dikembangkan untuk meningkatkan tingkat ekonomi petani. Salah satu peluang usaha pertanian bisa anda baca dalam artikel Peluang Usaha Budidaya Tanaman Serai Wangi Yang Berpotensi Keuntungan Besar.

Sangge-sangge atau daun serai dalam bahasa Latin dikenal sebagai Andropogon nardus selain digunakan sebagai pengharum makanan dan sebagai penyedap rasa memiliki mandaat bagi kesehatan manusia. Dari hasil penelitian sangge-sangge memiliki kandungan zat antimikroba dan anti bakteri yang bermanfaat pada pengobatan infeksi pada bagian usus, lambung dan saluran kandung kemih. Sangge-sangge juga digunakan sebagai Pereda kejang dan anti reumatik. Cukup banyak manfaat tanaman ini untuk kesehatan manusia.

Penampilan sangge-sangge bukan hanya sebatas di dapur sebagai penyedap masakan yang harganya murah. Walau daun ini sangat mudah didapatkan dan harganya murah namun sangge-sangge ini tampil juga di tempat mewah seperti hotel berbintang atau café mahal. Coba Anda memesan the di restoran hotel mahal atau di café mahal ada kemungkinan sangge-sangge ini hadir sebagai penghias minuman Anda.

Jadi, sangge-sangge memiliki tempat yang sangat luas dalam dunia kuliner yang memberi citrarasa dan aroma dalam berbagai masakan dan membuat masakan memiliki rasa yang enak, selain masakan sange-sangge juga dipakai dalam berbagai jenis minuman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *