Varietas Kopi Juria di Bumi Flores

Kopi Juria

Juria merupakan legenda. Juria dipercaya sebagai varietas kopi pertama yang ditanam di Bumi Flores, khususnya di daerah Colol, Manggarai. Juria yang ada di Flores umumnya telah berumur lebih dari 50 tahun, dengan tinggi pohon kopi mencapai 4-5 meter. Juria yang dianggap sebagai “Mother of Coffee” dan dikeramatkan penduduk ini, hanya ada dalam jumlah yang terbatas karena beberapa kali diujicobakan untuk ditanam di daerah di luar Colol namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

Nampaknya label sebagai Ibu dari Kopi Flores memang layak disandang Juria. Cita rasa dari semua arabika Flores terakomodir dalam tubuh Juria ini. Cita rasa manis bebuahan dengan body tipis berpadu dengan gurihnya rasa coklat karamel menghiasi kopi ini dengan selaras. Keasamannya mengingatkan kita pada varietas Yellow Caturra, jeruk nipis. Sementara cita rasa akhir dari Juria nampaknya menurun di hampir seluruh kopi arabika dari Flores, kacang-kacangan. Perbendaharaan rasamu jelas belum lengkap bila kamu tak mencoba Juria ini.

Demikian juga Kopi Sidikalang… Faritas pertama yang ditanam di tanah Dairi yaitu varietas Lini-s dan Typica… Dan kini sudah jarang didapati di Dairi… Namun kita jangan berkecil hati sebab kedua jenis varietas tersebut telah melebur menjadi satu yaitu perkawinan silang antara varietas Lini-S dan Typica menjadi Kopi Sigalar Hutang… Dan memiliki karakter yang sangat dicari di dunia… Sehingga Orang barat pub mencari bijibkopi ini.

Contoh harga gabah keringnya mereka tampung dari harga 16rb sampai 25rb… Sementara setelah mereka olah menjadi kopi yang sudah disangrai atau siap saji.. mereka jual dengan harga 100rb/ 100gram… Artinya sekilo mereka jual dengan harga 1jt… Banyangkan berapa kali lipat yang mereka dapat kan… Intinya ini menjadi PR utama kita agar petani bisa menjadi petani sejahtera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up