Read Time:1 Minute, 40 Second

KOPI dipercaya sebagai minuman sehat. Pada kopi, terdapat kandungan sumber antioksidan tunggal yang dapat melawan kanker. Bahkan, khasiat kopi dapat mengungguli buah dan sayuran yang digabungkan. Namun, kopi bisa jadi tidak sehat kalau kamu salah mengonsumsinya.

Nah, para pencinta kopi, biar secangkir kopi menyehatkan, ikuti cara mengonsumsinya seperti berikut ini:

1. Jangan minum kopi yang mengandung kafein Setelah jam 2 sore

Kamu akan sulit tidur jika mengonsumsi kopi di atas jam 2 sore (Foto: Pexels/Pixabay)

Kopi adalah salah satu sumber kafein alami terkaya dalam makanan. Kafein adalah stimulan, yang merupakan salah satu alasan utama kopi begitu populer. Ini memberikan sentakan energi dan membantu kamu tetap terjaga ketika kamu merasa lelah.

Namun, jika kamu meminumnya di sore hari, itu dapat mengganggu tidur kamu. Tidur yang buruk dikaitkan dengan segala macam masalah kesehatan. Jika kamu harus meminumnya di sore hari, pilihlah kopi tanpa kafein atau pilihlah secangkir teh yang mengandung jauh lebih sedikit kafein daripada kopi.

2. Jangan memberi gula pada kopi

Gula pasir berbahaya karena memiliki jumlah fruktosa yang tinggi (Foto: Pixabay/ shixugang).

Walau sehat, kopi bisa jad berbahaya untuk tubuh. Hal itu bisa dikarenakan kamu menambahkan gula pada kopi. Gula memiliki jumlah fruktosa yang dapat menyebabkan semua jenis penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

3. Hindari minum kopi terlalu banyak

Minum kopi terlalu banyak dapat memberikan efek samping pada tubuh (Foto: Unsplash/whynottogoforit).

Mengonsumsi kopi berlebihan dapat mengurangi manfaatnya secara keseluruhan. Asupan kafein yang berlebihan memberikan berbagai efek samping yang merugikan, meskipun sensitivitas orang bervariasi.

Secara umum, Health Canada merekomendasikan tidak mengonsumsi kopi melebihi 2,5 mg per kg berat badan per hari. Secangkir kopi rata-rata mungkin mengandung sekitar 95 mg kafein, ini setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat badan 80 kg.

Namun, jumlah yang jauh lebih tinggi dari kafein sekitar 400-600 mg (sekitar 4-6 cangkir) per hari tidak berhubungan dengan efek samping yang merugikan pada kebanyakan orang.

Sahabat Merah Putih, yuk konsumsi kopi dengan cara yang benar!

sumber: merahputih.com

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Top Navigation
Social profiles

has been added to your cart

View Cart
X
%d bloggers like this: