Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u948337636/domains/greengorga.com/public_html/wp-content/themes/vayne-pro-premium/functions.php on line 935

Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u948337636/domains/greengorga.com/public_html/wp-content/themes/vayne-pro-premium/functions.php on line 936

Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u948337636/domains/greengorga.com/public_html/wp-content/themes/vayne-pro-premium/functions.php on line 937
Info Kopi

6 Rekomendasi Minuman Sehat Pengganti Kopi untuk Mencegah Kantuk

Minum kopi terutama di pagi hari telah menjadi gaya hidup baya orang. Hal ini dikarenakan minuman berkafein ini efektif untuk mencegah rasa kantuk sehingga lebih segar dan fokus untuk beraktivitas.

Tidak hanya itu, kopi juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah berbagai penyakit. Hal ini tentunya bisa diperoleh bila kopi diminum dengan porsi yang tepat. Namun jika dikonsumsi setiap hari akan memiliki efek samping seperti masalah tidur, malah lambung dan bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu,bila Anda juga memiliki kebiasaan yang sama, sebaiknya segera kurangi minum kopi setiap hari dan menggantinya dengan minuman yang lebih sehat.

Minuman Sehat Pengganti Kopi

Berikut ini enam rekomendasi minuman sehat pengganti kopi yang bisa Anda coba.

1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman sehat selain kopi yang bisa Anda coba untuk mencegah kantuk. Hal ini dikarenakan satu cangkir teh hijau mengandung sekitar 50 miligram sehingga bisa meningkatkan semangat Anda tanpa memberikan efek samping.

Teh hijau juga terkenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Minuman ini mengandung katekin EGC yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan demikian, teh hijau dapat  mencegah kerusakan sel dalam tubuh serta berbagai penyakit.

Manfaat kesehatan lain dari teh hijau adalah dapat meningkatkan fungsi otak, performa fisik, dan bahkan menurunkan risiko berbagai kanker. Tentunya khasiat ini bisa Anda dapatkan bila minum teh hijau yang berkualitas dengan cara yang tepat.

Salah satu cara yang tepat adalah dengan tidak meminum teh hijau sebelum makan karena dapat menghambat penyerapan nutrisi. tentunya hal ini bisa meningkatkan resiko kurang gizi hingga anemia defisiensi besi. Jika Anda ingin meminumnya sebagai pengganti kpi, Anda bisa membelinya di supermarket maupun online shop

2. Air Kelapa

Minuman sehat pengganti kopi berikutnya adalah air kelapa. Alasannya air kelapa mengandung elektrolit seperti magnesium, kalium dan natrium yang dapat membantu memulihkan energi. Minuman ini juga mengandung serat, vitamin C, dengan sedikit kalori.

Selain itu, beberapa studi juga telah menemukan bahwa air kelapa memiliki beragam manfaat kesehatan. Mencegah batu ginjal, mencegah diabetes, serta meningkatkan kesehatan jantung adalah beberapa diantaranya.

Jika ingin minum air kelapa, Anda bisa meminumnya langsung dari buahnya. Cara ini lebih menyehatkan karena Anda tidak perlu mengonsumsi gula tambahan.Namun bila Anda minum air kelapa kemasan, pastikan Anda memperhatikan kandungan bahan di dalamnya, terutama gula tambahan. 

3. Kombucha

Selain teh hijau, Ada juga bisa minum kombucha yang terbuat dari teh hitam yang difermentasi sehingga kaya akan probiotik atau bakteri baik. Selain itu, kombucha juga  mengandung asam asetat dan molekul antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Berbagai penelitian menemukan bahwa kombucha memiliki beragam manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem imun, mengendalikan kadar kolesterol, serta mengatur kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Jika Anda ingin mencoba kombucha, disarankan untuk membeli kombucha yang sudah siap minum. Hindari untuk mengolahnya snider karena dikhawatirkan terjadi beberapa resiko jika tidak diolah dengan benar.

4. Matcha

Matcha dibuat dari jenis daun yang sama dengan teh hijau yaitu Camellia sinensis. Walaupun demikian, matcha memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi sehingga matcha  bisa dijadikan minuman pengganti kopi.

Selain kafein, matcha juga mengandung konsentrasi molekul antioksidan yakni epigallocatechin gallate (EGCG) yang lebih tinggi dari teh hijau. Menurut sebuah studi, kandungan EGCG ini berpotensi untuk menurunkan tekanan darah

5. Jahe

Minum jahe di pagi hari ternyata juga memberikan efek yang sama  dengan cangkir kopi.Alasannya jahe memiliki aroma yang khas dan cenderung kuat sehingga bisa membuat Anda terjaga.

Selain mencegah kantuk, jahe juga memiliki beragam manfaat kesehatan lain, terutama untuk kesehatan pencernaan. Manfaat tersebut antara lain meredakan sakit perut, mengurangi kembung, mencegah masuk angin, hingga memperbaiki mood.

Jika Anda tertarik mencoba minuman ini, Anda bisa mencoba  jahe yang sudah banyak dijual dipasaran sebagai permulaan.

6. Jus Buah

Jus buah merupakan salah satu minuman pengganti kopi yang bisa Anda coba. Meskipun memiliki kalori lebih tinggi dari jus sayur, namun minuman ini kaya akan vitamin yang enny baik untuk kesehatan. Tentunya vitamin ini bisa  diperoleh jika jus buah tidak ditambah gula atau kental manis.

Saat ini, ada banyak minuman instan dengan label “sari buah” yang dijual dipasaran.Namun sebenarnya minuman ini mengandung air dan beberapa jenis gula dengan kadar sukrosa tinggi (sirup jagung).

Bila diminum secara berlebihan, minuman ini justru hanya aka menahan berat badan.Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dan jangan mudah terkecoh dengan minuman instan seperti ni.

Alangkah baiknya bila Anda membuat jus sendiri. Ada beberapa pilihan jus sehat yang bisa Anda buat. Misalnya, jus jeruk yang mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan kekala tubuh,atau jus delima yang tidak menyebabkan kenaikan gula darah.

Itulah informasi enam rekomendasi minuman sehat pengganti kopi untuk mencegah kantuk. Kopi memang efektif untuk mencegah rasa kantuk namun jika diminum secara berlebihan tetu berefek buruk untuk kesehatan. 

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba salah satu minuman di atas. Tidak hanya membuat Anda segar, minuman sehat ini juga memiliki berbagai manfaat yang bagus untuk tubuh Anda.

sumber: katadata.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *