fbpx
Pertambangan

Apa Itu Bauksit: Karakter dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

 Presiden Joko Widodo resmi menerbitkan larangan ekspor mineral mentah, termasuk bijih bauksit. Larangan ini akan dimulai pada pertengahan tahun 2023, yakni bulan Juni. Banyak yang menanyakan apa itu bauksit. 

Larangan ekspor bijih bauksit yang diterbitkan oleh Presiden Jokowi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba). 

“Mulai Juni 2023 pemerintah akan memberlakukan pelarangan ekspor bijih bauksit dan mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri,” kata Presiden di Istana Negara pada Rabu (21/12).

Sejumlah daerah di Indonesia memiliki sumber daya mineral bauksit yang sangat kaya. Daerah penghasil bauksit di Indonesia, di antaranya Bangka Belitung, Riau, Kalimantan Barat, Sumatra Barat. 

Apa Itu Bauksit?

Bauksit adalah batuan yang mengandung tiga mineral utama dan berkaitan dengan mineral silikat, berupa kaolin dan mineral besi. Bauksit memiliki kandungan mineral utama berupa boehmite, gibsit, dan diaspora. 

Bauksit biasanya terbentuk di lapisan tanah bagian atas dari proses laterasi. Batuan bauksit lebih mudah muncul di daerah beriklim tropis dan subtropis, yang memiliki suhu udara lembap dan panas. 

Pertemuan bauksit pertama kali dilakukan di Perancis Selatan, di daerah Les Baux, pada tahun 1821. Bauksit ditemukan oleh seorang geolog bernama Pierre Berthier. Sementara itu, bauksit di Indonesia sudah dieksplorasi sejak tahun 1924 di Kepulauan Bintan. 

Bauksit didapatkan dengan cara ditambang dari permukaan tanah. Bauksit paling banyak ditemukan di Afrika, Australia, dan Amerika Selatan. Sementara itu, ketersediaan bauksit terbanyak di Asia adalah Vietnam. 

Karakter Bauksit

Bauksit mempunyai karakter yang khas atau unik. Warna bauksit akan tampak cokelat-orange dengan agak kekuning-kuningan, apabila dilihat dengan mata terlanjang. 

Namun hasilnya akan berbeda jika dilihat menggunakan mikroskop. Bauksit akan terlihat berwarna kehitaman dan tampak seperti kristal apabila dilihat dari mikroskop.

Bauksit memiliki sifat yang sangat lunak dengan angka kekerasan 1-3 skala mohs. Bauksit juga lebih ringan, beratnya hanya 2,3-2,7. Bauksit termasuk jenis bebatuan yang mudah aptah. Selain itu, batuan ini juga tidak dapat larut dalam air dan tidak dapat terbakar. 

Manfaat Bauksit

Bijih bauksit digunakan sebagai bahan baku pembuatan aluminium. Untuk menghasilkannya, harus melalui proses yang dinamakan Proses Bayer. Proses ini bertujuan menghilangkan komponen yang tidak dibutuhkan dalam alumunium, yaitu ferioksida, dioksida, silikon, dan titanium dioksida. 

Selain dijadikan bahan pembuatan aluminium, bauksit juga dimanfaatkan untuk kebutuhan lain sebagai berikut:

  1. Menjadi bahan baku utama dalam pembuatan aluminium. Bahan ini dapat diproses lagi menjadi menjadi berbagai peralatan yang berguna bagi manusia. 
  2. Bauksit juga bermanfaat sebagai bahan abrasif. Calcined aluminium merupakan bahan abrasif yang sangat kuat dan keras. Berbagai peralatan manusia menggunakan bahan ini, seperti untuk ampelas aluminium oksida, polishing suspensions, bubuk poles. 
  3. Bauksit juga bermanfaat sebagai bahan abrasif sintered bauxite. Bahan ini digunakan dalam peralatan sand-blasting. Bahan abrasif ini berbentuk manik-manik berbagai ukuran. Berbeda dengan bahan abrasif sebelumnya yang berbentuk bubuk. 
  4. Bauksit juga digunakan sebagai proppant. Proppant adalah bahan dalam pengebiran gas bumi dan minyak. Bahan ini berperan ketika ada retakan yang timbul akibat tekanan tinggi. 

Tujuan Pemerintah Indonesia Larang ekspor Bauksit

Pemerintah Indonesia melarang ekspor bauksit untuk mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri. Jokowi berharap industri di dalam negeri bisa memgembangkan hilirisasi bauksit. 

“Dari industrialisasi bauksit di dalam negeri ini kita perkirakan pendapatan negara akan meningkat dari Rp 21 triliun menjadi sekitar kurang lebih Rp 62 triliun. Pemerintah akan terus konsisten melakukan hilirisasi di dalam negeri agar nilai tambah dinikmati di dalam negeri untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat,” ucap Jokowi.

Demikianlah penjelasan dari apa itu bauksit, mineral mentah yang dilarang diekspor oleh pemerintah Indonesia. Bauksit memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari karena menjadi bahan dari berbagai barang atau alat, seperti kabel, furniture, pipa,alat olahraga, otomotif, dan sebagainya. 

Sumber: VOI .

Leave a Reply

Your email address will not be published.