fbpx
Pertambangan

Daerah Penghasil Bauksit Terbesar di Indonesia Lengkap dengan Pemanfaatannya

Bauksit adalah bahan yang bisa diolah menjadi smelter grade alumina (SGA) untuk selanjutnya bisa menghasilkan alumunium ingot. Bauksit dapat ditemukan di Indonesia, bahkan ada banyak derah penghasil bauksit di Indonesia sehingga banyak tambang bauksit yang tersedia di Tanah Air.

Daerah Penghasil Bauksit di Indonesia

Berdasarkan data dari Pusat Sumber Daya Geologi, sumber daya bauksit di Tanah Air pada tahun 2013 mencapai 941,24 juta ton. Angka tersebut membawa Indonesia sebagai negara penghasil bauksit terbesar ke-8 di dunia. Lalu, mana saja daerah yang memiliki kekayaan bauksit di Indonesia?

  1. Kalimantan Barat

Daerah pertama yang memiliki cadangan bauksit adalah Kalimantan Barat yang memiliki sebanyak 66,77% cadangan bauksit secara nasional. Cadangan tersebut tersebar di beberapa wilayah di Kalbar, khususnya di Kabupaten Pontianak (Mempawah), Kabupaten Sanggau (Tayan), Kabupaten Ketapang, Kecamatan Kendawangan, dan Kecamatan Sandai. Kegiatan penambangan sendiri dilakukan oleh PT ANTAM.

Menurut data Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Kalimantan Barat, pada 2011 ada 49 perusahaan dengan IUP yang melakukan kegiatan penambangan. Sedangkan jumlah SDA bauksit di Kalimantan Barat diperkirakan mencapai 3,29 miliar ton.

  1. Riau

Kepulauan Riau juga memiliki sumber daya alam berupa bauksit yang angkanya mencapai 180,97 juta ton. SDA tersebut khususnya ada di Kabupaten Lingga yang menyimpan 168,96 juta ton. Sisanya ada di empat wilayah namun jumlahnya relatif kecil.

Besarnya potensi bauksit di Kepulauan Riau bahkan telah ditambang sejak zaman kolonial Belanda. Sedangkan saat ini kegiatan penambangan dilakukan oleh PT Aneka Tambang, Tbk.

Menurut catatan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kepulauan Riau (DESDM Kepulauan Riau, 2011), jumlah perusahaan yang melakukan penambangan bauskit dengan IUP sejumlah 32 perusahaan.

  1. Bangka Belitung

Bauksit juga tersimpan di tanah Bangka Belitung, khususnya ada di daerah Sigembir, Pulau Bangka. Dalam laman Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, dikatakan bahwa Kepulauan Bangka punya cadangan bijih besi bauksit yang besarnya mencapai 3,1 juta ton.

  1. Sumatera Utara

Sumatera Utara juga menyimpan bauksit,terutama di Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Kegiatan penambangan di wilayah ini dilakukan di hutan lalu melakukan penggalian. Setelah bauksit ditemukan, perusahaan akan melakukan pengolahan yang berujung pada pembuatan berbagai produk.

Manfaat Bauksit

Pernahkah Anda berpikir bauksit digunakan untuk apa? Jawabannya cukup beragam. Bauksit sendiri dibutuhkan tidak hanya oleh Indonesia, namun seluruh negara di dunia. Adapun beberapa manfaat bauksit adalah sebagai berikut.

Secara umum, manfaat bauksit dimanfaatkan baik di bidang industri maupun rumah tangga. Berikut ini beberapa manfaat bauksit.

  1. Bahan dasar alumunium
  2. Bahan penutup retakan pada cor beton
  3. Bahan kemasan makanan dan minuman
  4. Bahan dasar tinta print dan fotocopy
  5. Bahan baku besi dan baja
  6. Untuk membuat keramik
  7. Sebagai chemical grade alumina yang bisa digunakan untuk pemurnian air, kosmetika, farmasi, plastic filler, dan sebagainya.

Besarnya manfaat bauksit membuat Pemerintah memutuskan untuk melarang impor bijih bauksit mulai Juni 2023. Kebijakan itu bertujuan untuk mendorong industri pengolahan Tanah Air.

“Mulai Juni 2023 pemerintah akan memberlakukan pelarangan ekspor bijih bauksit dan mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri,” kata Presiden Joko Widodo dikutip Antara, Rabu 21 Desember.

Sumber:  VOI.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published.